Lantamal IV Tanjungpinang Sosialisasikan Nilai-nilai Pancasila kepada Masyarakat
Oleh : Harjo
Selasa | 06-06-2017 | 09:50 WIB
Pekan-Pancasila-01.gif
Lantamal IV Tanjungpinang saat melakukan 'Pekan Pancasila'. (Foto: Dok Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim khusus yang ditunjuk Danlantamal IV Tanjungpinang melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Sosialisasi ini dikemas dalam acara 'Pekan Pancasila' di Tanjungpinang.

Pekan Pancasila yang diadakan pada Senin (5/6/2017) mengusung thema 'Saya Indonesia, Saya Pancasila'. Tim khusus yang ditunjuk Danlantamal IV untuk melakukan sosialisasi dipimpin langsung olek Kadispotmar Lantamal IV, Letkol Laut (KH) Syafrudin, S.Ag.

Adapun tempat yang dikunjungi tim khusus itu, yakni SMAN 3 Kota Tanjungpinang, SMP Hang Tuah, SD Hang Tuah Tanjungpinang dan calon penumpang di pelabuhan Sri Bintan Pura. Dengan sosialisasi itu, masyarakat diharap dapat meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia, serta dapat meningkatkan pemahaman dan implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Satu hal yang menarik dalam sosialisasi tersebut pemahaman Pancasila dengan jargon 'Saya Indonesia Saya Pancasila' dibuat dalam bentuk yel-yel, menjadikan acara pembekalan dan sosialisasi yang dilaksanakan Dispotmar Lantamal IV Tanjungpinang menarik dan mendapat perhatian dari kalangan pelajar, penumpang di pelabuhan Sri Bintan Pura dengan konsep metodik didaktik tertentu dibawakan dengan santai serta diselingi permainan yang humoris menjadikan acara semakin menarik.

Menurut Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI R.Eko Suyatno,S.E,M.M. ke depan sosialisasi pemahaman dan implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI akan terus digalakkan di wilayah kerja Lantamal IV khususnya masyarakat Kepri untuk merajut dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI, yang menjadi solusi membendung faham-faham radikalisme di kalangan generasi muda.

"Kegiatan sosialisasi kepada pelajar dan masyarakat Tanjungpinang dengan sasaran agar masyarakat kembali kepada jati diri bangsa Indonesia serta implentasi 4 konsensus dasar bangsa Indonesia Pancasila Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," kata Danlantamal IV, dikutip dari siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Selasa (6/6/2017).

"Hal ini sesuai dengan intruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut yang tertuang dalam TR Kasal tentang giat Pekan Pancasila," imbuhnya.

Editor: Gokli