Pemprov Operasikan MV Lintas Kepri untuk Angkutan Mudik Lebaran
Oleh : Ismail
Jum\'at | 02-06-2017 | 14:50 WIB
dishub-kepri-Jamhur.gif
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Jamhur Ismail. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mengantisipasi membludaknya arus mudik Idul Fitri 1438 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan mengoperasikan kapal Mv Lintas Kepri yang melayani rute Tanjungpinang - Lingga. Rencananya, kapal cepat berbahan aluminium tersebut dijadwalkan berlayar pada minggu kedua Ramadhan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Jamhur Ismail mengatakan, untuk mengoperasikan kapal Mv Lintas Kepri tersebut, pihaknya sedang mengurus administrasi terkait rute pelayarannya. Dikatakannya, dengan dioperasikan kapal tersebut bisa mengatasi permasalahan arus mudik melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menjelang lebaran.

"Saat ini kita sedang urus segala administrasinya. Insya Allah, minggu kedua sudah mulai berjalan," ujarnya saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Jumat (2/6/2017).

Ia menerangkan, kapal dengan kapasitas 158 penumpang tersebut, akan dikelola oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Provinsi Kepri. Sedangkan untuk operasionalnya, lanjut Jamhur, Pemprov Kepri tidak akan memberikan subsidi kepada BUP. Karena, hanya akan membebankan keuangan daerah.

"Subsidi tidak kita tanggung lagi. Itu nanti sudah urusan pihak BUP dan pihak ketiga," ungkap Jamhur.

Menurutnya, selain menjadi solusi persoalan mudik lebaran, Mv Lintas Kepro juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kepri dari sektor perhubungan.

Perlu diketahui, pada 2015 lalu Pemprov Kepri membeli kapal cepat Mv. Lintas Kepri senilai Rp 25,9 miliar. Kapal tersebut memiliki panjang 35,60 meter, lebar 5,60 meter dan berat 129 gross ton (GT). Meski sudah dua tahun diadakan, hingga kini kapal berbahan alumunium tersebut belum dioperasikan secara resmi.

Editor: Yudha