Harga Bawang Putih di Tanjungpinang Capai Rp60 Ribu Per Kilogram
Oleh : Habibi Khasim
Sabtu | 13-05-2017 | 11:43 WIB
pasar-011.gif
Anggota DPRD Tanjungpinang, Pepy Candra melakukan pengecekan harga sembako di pasar belum lama ini. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jelang bulan Ramadhan, di pasar Tradisional Tanjungpinang, khususnya di kawasan Pelantar KUD harga komoditas sayur dan bumbu dapur masih biasa. Namun, khusus untuk bawang putih, dalam beberapa minggu ini harganya tidak biasa. Pasalnya, setiap minggu mengalami kenaikan yang signifikan, hingga harganya tembus Rp60 ribu/kilonya.

Menurut salah satu pedagang, Rianto, mengatakan bahwa bawang putih sudah naik sejak awal bulan Mei. Dari harga Rp30 ribu/kilogram, perlahan naik hingga Rp60 ribu. Menurut Rianto, ini adalah harga fantastis untuk bawang putih.

"Bawang putih memang jarang naik harganya, tapi sekalinya naik, sangat fantastis. Biasanya tidak pernah melebih Rp45 ribu/kilogram. Sekarang malah sampai Rp60 ribu, terakhir minggu kemarin harganya sudah Rp55 ribu/kilogram," terang Rianto saat diwawancarai, di Pelantar KUD, Sabtu (13/5/2017).

Senada juga dikatakan oleh pedagang sayur di pasar Bintan Centre Tanjungpinang, Rika. Ia mengatakan, dalam minggu ini adalah minggunya bawang putih, karena jadi viral dikalangan ibu-ibu, konsumennya. Ini, kata Rika dikarenakan kekurangan pasokan dari distributor, sehingga harga pun menjadi naik.

"Kata distributornya begitu, pasokan kurang, makanya harga tinggi. Kita juga sebenarnya tidak mau, tapi dari distributor sudah tinggi, makanya kita juga ikut harga distributor, ambil untung dikit aja," tutur Rika.

Terkait komoditas yang lain, seperti cabai dan sayuran, menurut Rika masih aman dan belum mengalami kenaikan. Seperti cabai merah, yang sempat juga melambung, kini harganya normal dikisaran Rp40 ribu/Kilogram, cabai rawit Rp35 ribu dan cabai hijau Rp20 ribu.

"Untuk sayur, ada sayur bayam Rp10 ribu/Kilogram, kangkung Rp8 ribu/Kilogram, Sawi Rp10 ribu/Kilogram dan kacang panjang Rp12 ribu/Kilogram," terang Rika.

Rika mengatakan, harga tersebut merupakan harga pasaran untuk jenis sayuran hijau.

Disinggung tentang bawang putih, Rika mengatakan, dia hanya memiliki stok sedikit dikarenakan masyarakat kurang antusias, mengingat harganya yang tidak bersahabat. Selain itu, memang jarang bawang putih dibeli banyak, kecuali para koki masakan Cina.

"Kalau bawang merah iya, pasti orang beli banyak, karena masak tidak pakai bawang merah tak enak. Untuk harga bawang merah, bawang Jawa Rp26 ribu/Kilogram dan bawang bombai Rp12 ribu/Kilogram," tuturnya.

Editor: Gokli