Kelurahan dan Kecamatan Ikut Penyusunan Profil Kota Tanjungpinang
Oleh : Habibie Khasim
Jum\'at | 12-05-2017 | 19:02 WIB
Lis-darmansyah-400x192.gif
Wali Kota Tanjungpinang membuka kegiatan penyusunan profil Kota Tanjungpinang (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Profil Kelurahan Kota Tanjungpinang tahun 2017, Jumat (12/5/2017) di Hotel Comfort, Tanjungpinang. Sebanyak 40 orang peserta yang diambil dari kelurahan dan kecamatan di Tanjungpinang untuk mengikuti kegiatan ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk evaluasi data secara menyeluruh yang setiap tahunnya terus berubah.

"Pelatihan ini merupakan dasar untuk evaluasi data di kelurahan yang nantinya akan dilaporkan setiap bulan," kata Yani.

Kemudian, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah yang membuka kegiatan tersebut meminta kepada setiap kelurahan untuk membuat sistem pengaduan warga. Dengan begitu, permasalahan di masyarakat bisa terdata dan terinventarisir dengan baik di kelurahan sehingga cepat direspon.

"Kita berusaha menampung semua permasalahan masyarakat pada tingkat yang terdekat. Supaya respon pelayanan lebih cepat. Paling tidak setiap pelaporan ditanggapi sehingga komunikasi kelurahan dengan masyarakat terbangun dengan baik," tutur Lis.

Ia mengatakan, sistem pengaduan tersebut bisa dibuat secara manual dan online yang ditangani bidang pengaduan di setiap kelurahan di Tanjungpinang. Sehingga warga bisa dengan mudah menyampaikan pengaduanya ke kelurahan.

"Setelah itu, orang di kelurahan dapat mendata, mana yang ditindaklanjuti dan mana yang tidak bisa ditindaklanjuti," tambahnya.

Bukan hanya itu, katanya, kelurahan juga harus memiliki data base lengkap setiap masyarakatnya sehingga bisa digunakan untuk keperluan penyusunan anggaran dan program di tingkat Kota Tanjungpinang.

"Data base tersebut tentunya dituangkan dalam bentuk profil kelurahan. Jadi, buatlah profil dengan baik dan berkualitas, tak perlu lah sempurna, mendekati sempurna saja sudah baik," katanya.

Editor: Udin