Mendag Pastikan Kepri Dapat Dana Pembangunan Pasar Rakyat Modern di 2018
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 11-05-2017 | 08:12 WIB
pasar-tradisional-Bintan.gif

Suasana pasar rakyat di Kepri. (Foto: Batamtoday.com)

‎BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melontarkan harapan kepada Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun, bahwa pihaknya memastikan, pada 2018 mendatang Provinsi Kepri akan mendapat DIPA alokasi anggaran proyek untuk pembangunan pasar rakyat modern.

Kepastian itu diungkapkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito dalam pertemuan Rapat Koordinasi Gubernur bersama dengan sejumlah menteri belum lama ini. "Pasarnya dibangun di ibu kota provinsi, di Tanjungpinang," kata Nurdin di Bandara Hang Nadim, Batam, Rabu (10/5/2017) pagi.

Pemerintah pusat memang menargetkan pembangunan dan revitalisasi 5.000 pasar rakyat modern hingga tahun 2019. Menurut Gubernur, pasar rakyat modern nantinya akan dilengkapi dengan sejumlah sarana dan prasarana pendukung yang tidak kalah dengan pusat perbelanjaan modern. Dengan demikian, para pengunjung diharapkan semakin meningkat.

"Semakin banyak pengunjung dan pembeli, ekonomi rakyat semakin meningkat, silaturahmi juga semakin terjaga," kata Nurdin.

Nurdin menyebutkan, pembangunan pasar rakyat modern itu untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan agar lebih maju. "Ada pasar, ada konsumen, ada produsen, ada tiga mata rantai tu, saya yakin majulah daerah," tegas Nurdin.

Salah satu sarana dan prasarana yang harus diperhatikan adalah masalah parkir. Semua kalangan bisa berbelanja di pasar rakyat modern dengan parkir yang luas. Baik mereka yang bermobil, dengan sepeda motor ataupun menggunakan angkutan umum.

"Pasarnya bersih, walaupun ada jual ikan," kata Nurdin.

Karena itu, Nurdin berpesan, rancangan pasarnya harus benar-benar membuat nyaman pengunjung. Agar tidak kalah dengan pusat perbelanjaan modern yang juga sudah banyak menjual kebutuhan dapur sehari-hari.

Para pedagang pun dipesankan Nurdin untuk ikut bersama-sama menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar itu. Karena Nurdin tahu, pengunjung akan semakin banyak jika pasar bersih dan nyaman.

Gubernur dalam setiap kunjungannya ke daerah memang selalu singgah ke pasar tradisional. Bagi Gubernur, silaturahmi dapat dilakukan di mana pun. Di pasar, kadang-kadang, Gubernur mendapat banyak masukkan tentang harga-harga bahan makanan yang mulai meninggi, stabil atau pun sudah turun.

Editor: Dardani