Antisipasi Warga Binaan Kabur, Ini Instruksi Karutan Tanjungpinang kepada Bawahannya
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 06-05-2017 | 10:26 WIB
karutan-pinang-01.gif

Roni Widiyatmoko, Kepala Rutan Kelas IA Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Rutan Kelas IA Tanjungpinang memerintahkan sekaligus mengintruksikan kepada seluruh petugas dan jajaran pengamanan Rutan untuk melakukan 6 poin sebagai langkah untuk mengantisipasi Kaburnya warga binaan, seperti yang terjadi di Rutan Sialang Bungkuk Kelas IIB Pekanbaru.

 

Karutan, Roni Widiyatmoko mengatakan instruksi yang pertama tetap memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) terutama pelayanan yang berkaita dengan pemenuhan hak-hak.

"Hak-hak itu seperti pelayanan makan, kunjungan, ibadah, kesehatan, remisi dan lain-lain," ujar Rony saat di Konfirmasi BATAMTODAY.COM, Sabtu (6/5/2017).

Antisipasi yang kedua‎ tetap menjaga integritas dan konsisten serta berkomitmen dalam bertugas untuk menjaga situasi rutan agar tetap kondusif, serta poin yang ketiga tetap menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik dengan instansi penegak hukum di Tanjungpinang dan Kepri pada umumnya.

"Dengan menjaga hubungan yang baik dengan aparat penegak hukum maka akan terjalin kerja sama yang baik," katanya.

Selanjutnya, ‎tetap waspada dan mengamati setiap gerak-gerik WBP yang sedang berada di daerah steril area terutama WBP yang sedang berada di Wartelsuspas dan sekitarnya.

"Untuk poin yang kelima jika terjadi hal-hal gangguan keamanan segera lakukan tindakan pengamanan dan pencegahan sesuai SOP yang berlaku," ucapnya.

Serta yang terakhir, untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga senantiasa menolong dan melindungi pada saat dalam menjalankan tugas.

"Dengan menerapkan hal seperti itu, pihaknya tidak memperketat tetapi tetap melakukan tugas-tugasnya dengan baik dan tetap memberikan pelayanan yang baik kepada warga binaan," ungkapnya.

Editor: Gokli