Cuaca Buruk, KSOP Tanjungpinang Imbau Kapal Ferry Tingkatkan Kewaspadaan
Oleh : Ismail
Senin | 01-05-2017 | 14:02 WIB
cuaca-buruk-pinang1.jpg

Cuaca buruk melanda perairan Tanjungpinang, kapal Ferry diminta waspada. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Pos (Kapos) Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) KSOP Kelas II Tanjungpinang, Sutoyo mengatakan, untuk meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk di wilayah perairan Batam dan Tanjungpinang, pihaknya sudah mengimbau pihak pengelola jasa transportasi laut antar pulau untuk berhati-hati dalam mengangkut penumpang.

 

"Kami sudah berkoodinasi dengan Fery antar pulau, baik Batam, Lingga, dan Karimun dari Pelabuhan SBP agar lebih berhati-hati," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Senin (1/5/2017).

Selain itu, lanjut Sutoyo, hingga kini arus transportasi laut dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang masih berlangsung lancar dan kondusif. Namun, jika sewaktu-waktu cuaca berubah, maka pihaknya akan melakukan penundaan pemberangkatan. Hingga, kondisi cuaca kembali normal.

"Jika cuaca tidak memungkinkan, kami akan melakukan pemberangkatan. Sampai kondisi cuaca kembali normal," ungkapnya.

Tak hanya itu, tambahnya, KSOP juga mengimbau bagi pengelola Fery, jika ditengah perjalanan terjadi cuaca buruk, maka disarankan untuk menempuh jalur yang aman. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan penumpang hingga sampai ke daerah tujuan.

"Kami sudah berkoordinasi. Antisipasi kalau ditengah perjalanan mengalami kondisi cuaca buruk, maka disarankan untuk mencari jalur aman," tutupnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengingatkan bagi pengguna jalur transportasi laut agar berhati-hati adanya penurunan jarak pandang, angin kencang serta tinggi gelombang laut di wilayah perairan Kepri.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar berhati - hati terhdap arus laut yang cukup kuat di wilayah perairan Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, dan Natuna," peringatan BMKG seperti dikutip di situsnya.

Editor: Yudha