Perayaan May Day 2017

Selain Senam Bersama, Buruh di Tanjungpinang Juga Lomba Joget
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 01-05-2017 | 11:53 WIB
joget-01.gif

Buruh di Tanjungpinang lomba joget pada perayaan May Day 2017. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinan - Ratusan buruh di Tanjungpinang merayakan May Day 2017 dengan berbagai kegiatan positif, seperti senam bersama, donor darah, dan lainnya. Agar acara lebih meriah, kegiatan itu juga di isi dengan perlombaan joget dengan iringan musik dangdut.

 

Semua kegiatan itu diikuti seluruh buruh dengan semangat dan antusias, apalagi perlombaan joget banyak buruh yang tidak segan-segan untuk menunjukan aksinya di depan para pejabat yang hadir di tempat itu.

Yuni, salah satu buruh yang mengikuti seluruh kegiatan pada hari ini mengaku sangat senang karena menurutnya kegiatan-kegiatan seperti ini perlu dilakukan meskipun banyak buruh di Kepri memperingati May Day dengan berunjuk rasa. Tetapi, buruh di Tanjungpinang melakukan kegiatan yang jauh lebih baik seperti ini.

"Yang pastinya senanglah dengan kegiatan ini apa lagi ada lomba jogetnya, jadi lucu-luculah pokoknya," katanya.

‎Selama ini, buruh yang ada di Tanjungpinang jarang melakukan demo karena tidak dapat menyelasaikan masalah. Mereka, lebih memilih melakukan privantif negosiasi dalam menyelasaikan masalah kepada perusahaan.

"Kita jaranglah demo-demo, untuk menyelasaikan masalah tetapi kami menyelasikannya dengan cara berdiskusi dengan pihak perusahan," sebutnya.

Sebelumnya, perayaan May Day di Tanjungpinang 2017 berbea dari tahun sebelumnya. Kali ini, mereka lebih memilih kegiatan positif seperti senam bersama yang berlangsung di gedung Gonggong, Senin (1/5/2017).

Seluruh buruh yang mengikuti kegiatan ini terlihat bersemangat dan antusias untuk mengikuti senam sehat serta lomba joget dan donor darah yang diadakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Reformasi (SPSI-R) Kota Tanjungpinang, Cholderia Sintinjak mengatakan pada hari ini buruh yang ada di Tanjung‎pinang melaksanakan senam bersama untuk memperingati May Day. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dibandingkan dengan menggelar demo seperti di daerah-daerah lain.

"Kurang lebih ada sebanyak 700 buruh mengikuti kegiatan ini," ujar Cholderia Sitinjak

Pada perayaan May Day ini, Choldera meminta pemerintah untuk membuka lapangan kerja baru dan dapat mengundang investor baru, agar pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

"Karena Tanjungpinang merupakan salah satu Kabupaten/Kota yang buruhnya termasuk kondusif dan aman serta jarang untuk turun ke jalan melakukan Demo," katanya.

Editor: Gokli