Menuju STQ Provinsi, 16 Qori dan Qoriah Tanjungpinang Mulai Lakukan TC
Oleh : Habibi Khasim
Kamis | 27-04-2017 | 11:28 WIB
tc-01.gif

Pembukaan  training center (TC) untuk seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke tingkat Provinsi Kepri tahun 2017, di Hotel Sunrise City Tanjungpinang. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang – Sebanyak 16 orang Qori dan Qoriah terbaik pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XI tingkat Kota Tanjungpinang menggikuti pemusatan latihan atau training center (TC) untuk seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke tingkat Provinsi Kepri tahun 2017, di Hotel Sunrise City Tanjungpinang.

 

Kegiatan ini sendiri dimulai sejak Selasa (25/04/2017) dan dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul. Pemusatan latihan atau training center tersebut akan berlansung hingga 2 Mei 2016.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, mengatakan keikutsertaan Kota Tanjungpinang di STQ Kepri merupakan wujud rasa kecintaan terhadap Al-Quran, untuk menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam kehidupan

"Membaca Al-Quran dengan mengikuti kaedah-kaedah melafaskannya, dilantukan dengan suara merdu, indah, penuh irama merupakan bentuk mensiarkan dan membumikan Al-Quran agar isi kandungan Al-Quran dapat dipahami," tutur Syahrul.

Perlombaan STQ tingkat Provinsi Kepri rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2017 di Batam. Untuk itu, Syahrul mengharapkan seluruh kafilah Kota Tanjungpinang sudah siap untuk mengikuti acara tersebut.

“Seluruh kafilah harus benar-benar mantap memahami isi kandungan dan bacaan Al-Quran, sehingga nantinya Tanjungpinang bisa meraih prestasi yang lebih membanggakan dari tahun sebelumnya,” kata Syahrul.

Untuk itu juga Pemko Tanjungpinang, telah melakukan serangkaian persiapan, seperti pemusatan latihan bagi para peserta, untuk memantapkan kaedah membaca peserta dan mentalnya.

Harapan Tanjungpinang, kata Syahrul, dengan training center yang dikakukan tersebut dapat menghasilkan para peserta yang berkualitas, sehingga mampu memasyarakatkan Al-Quran sejak dini sebagai sarana mental spritual keagamaan, dan dapat mengharumkan nama daerah Kota Tanjungpinang.

“Namun tidak sampai di situ saja, tapi bisa membawa nama Kota Tanjungpinang di tingkat Provinsi dan Nasional,” ujarnya

Tanjungpinang akan mengutus 16 peserta pada STQ ke tingkat Provinsi di Kota Batam, serta akan mengikuti 3 cabang perlombaan yang dipertandingkan dalam STQ tersebut. Cabang yang diikuti yaitu, Tartil Quran, Tilawah anak putra dan putri, Tilawah dewasa putra dan putri, Hafis Quran golongan 1 juss, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, serta cabang Tafsir Bahasa Arab, ditambah kompang.

Editor: Gokli