Minim Personel, Satpol PP Kepri akan Rekrut Anggota Baru
Oleh : Ismail
Jum'at | 21-04-2017 | 12:38 WIB
kasatpolkepri1.jpg

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi Kepulauan Riau, Subandi. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi Kepulauan Riau, Subandi mengaku, saat ini pihaknya masih kekurangan anggota dalam melaksanakan tugas penegakan Peraturan Daerah (Perda). Untuk itu, pihaknya akan melakukan evalusasi internal dan mengajukan penambahan anggota demi mengotimalkan kinerja Satpol PP.

 

"Saat ini masih kurang (anggota Satpol PP, red). Jumlah anggota kita sekarang hanya 198 orang," ungkapnya, Jumat (21/4/2017).

Ia mengungkapkan, idealnya kekuatan Satpol PP Kepri itu setidaknya berjumlah satu Batalyon atau lebih dari 300 anggota. Dengan jumlah itu, kata Subandi, tentu saja akan meningkatkan keefektifan anggotanya dalam melaksanakan tugas.

Karena, saat ini dengan jumlah yang sangat minim, pihaknya hanya bisa menempatkan anggotanya di kompleks perkantoran Pemprov Kepri di Kawasan Dompak, Tanjungpinang.

"Kami akan evaluasi dulu. Mana anggota yang tidak disiplin akan ditindak. Lalu, kami akan lakukan perekrutan anggota. Setidaknya, penambahan 100 anggota lagi," ujar Subandi.

Dikatakannya, saat ini dirinya sedang berbenah sistem internal di salam satuannya. Hal ini dirasanya penting, mengingat dirinya masih baru mengemban jabatan sebagai Kasatpol PP Kepri.

Selain itu, mantan Kasatpol PP Kabupaten Natuna ini juga menambahkan, dalam menjalan tugas dirinya selalu berpesan kepada anggota agar tidak menonjolkan kekuatan. Sebagai aparat penegakan Perda, Satpol PP seharusnya lebih bijak dalam bertindak. Harus mengutamakan, pendekatan persuasif dibandingkan menonjolkan otot.

"Saya menekankan kepada anggota untuk lebih mengutamakan pendekatan persuasif. Jangan arogan dalam bertindak dengan mengandalkan kekuatan dan otot," tegasnya.

Editor: Yudha