Hari Bhakti Pemasyarakatakan ke 53

Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Gelar Goro dan Baksos
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 17-04-2017 | 13:40 WIB
gorolpaspinang.jpg

Masyarakat bersama pegawai Lapas Tanjungpinang sedang melakukan gotong royong. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Peringati Hari Bhakti Pemasyaraktan (HUT-PAS) ke 53 tahun 2017, Lapas Narkotika Kela IIA Tanjungpinang di KM 18 Bintan, menggelar Bhakti Sosial (Baksos) dan Gotong Royong (Goro) bersama Masyarakat Simpang Km 18 Bintan, Senin (17/4/2017).

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Misbahuddin mengatakan, aksi Baksos dan Goro dalam rangka HUT-PAS ke 53 tahun 2017 ini, dilaksanakan sebagai bentuk kebersamaan Lapas dengan masyarakat sekitar, dalam membersihkan lingkungan Lapas dan jalan serta parit.

"Kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan tahun 2017 ini, bertemakan, Pemasyarakatan Bersih-bersih Lingkungan," ujar Mishbahuddin.

Baksos dan Goro itu, tambah Misbahuddin, juga dilaksanakan seluruh Unit Pelaksanaa Teknis Lembaga Pemasyarakat dan Rutan di seluruh Indonesia.

Hal itu, sesuai dengan Semboyan Kementeriaan Hukum dan HAM-RI, yang menekankan pemasyarakatan yang smart dengan kerja nyata dan pasti bersih dalam melayani.

"Dalam pelayanan, kami juga terus berusaha memberikan pembinaan terhadap Napi Narkotika di Lapas dan menegakan SOP, serta penerapan mesin scaner X-Ray, di pintu masuk Lapas Narkotika, dalam menghindari masuknya barang-brang terlarang khususnya narkoba kedalam Lapas Narkotika," sebutnya.

Kendati tidak mudah merubah image, bahwa Lapas Narkotika yang selama ini dicap negatif, sebagai tempat peredaran narkoba, namun dengan SOP yang sudah ditetapkan, Misbahudin yakin, akan dapat menciptakan kondisi Lapas Narkotika yang smart dan positif menjadi lembaga pembinaan bagi Napi narkotika.

Editor: Dardani