Hari Ini, Tanjungpinang-Bintan Bakal Dilanda Hujan dari Pagi sampai Siang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 10-04-2017 | 09:38 WIB
hujan-lebat-01.gif

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hujan lebat disertai angin kencang melanda Tanjungpinang-Bintan sejak pagi pukul 06.00 WIB, Senin (10/4/2017). Kondisi ini, diprediksi akan bertahan sampai dengan siang hari.

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, berdasarkan pantaun citra radar, paparan hujan dengan intensitas sedang dan lebat terjadi secara merata di wilayah Bintan dan Tanjungpinang.

Intensitas hujan ringan dan sedang disertai petir, pertama terjadi di wilayah Lobam, Tanjunguban, dan sekitarnya hingga meluar ke wilayah Dompak, Senggarang Tanjungpinang, Toapaya, Bintan Buyu dan Kijang Bintan Timur.

"Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga siang," ujar R Ardito, prakirawan BMKG Tanjungpinang.

Secara umum, tambah Ardito, hari ini, wilayah Tanjungpinang dan Bintan akan dilanda hujan ringan dan sedang yang bersifat lokal. Hal ini disebabkan, adanya belokan arah angin disekitar wilayah Kepualuan Riau yang menyebabkan penumpukan masa Udara, hingga wilayah Bintan diperkirakan berawan dan berpotensi hujan lokal di pagi hari hingga siang.

Angin yang berhembus dengan arah variabel dari Barat ke Tenggara dengan kecepatan 05-25 Kilometer/Jam. Kondisi Suku antara 24-31 Drajat Celsius, dan Kelembapan 68-97 persen.

Ketinggian gelombang, antara 0,2-1 meter akan terjadi di wilayah laut Anambas dan Natuna, Tanjungpinang 0,2-0,6 meter, Batam 0,2-0,6 meter, Bintan 0,2-0,8 meter, dan ‎Lingga 0,2-0,8 meter.

‎"Awan CB (Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang secara tiba-tiba juga perlu diwasapadai," ujarnya.

Editor: Gokli