Kesatuan Pelaut Kepri Ajak dan Rangkul Warga yang Berprofesi Pelaut
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Kamis | 06-04-2017 | 16:51 WIB
Pelaut-Kepri.gif

Pengurus Kesatuan Pelaut (KP) Provinsi Kepulauan Riau berfoto bersama di Cafe Pelaut Tanjungpinang
 (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kesatuan Pelaut (KP) Provinsi Kepulauan Riau mengajak seluruh masyarakat yang berdomisili di Kepri yang berprofesi sebagai Pelaut, untuk bergabung dalam organisasi ini. Tujuan organisasi ini untuk merangkul seluruh Pelaut di Kepri. 

Ketua Kesatuan Pelaut Kepri, Andi ‎mengatakan, organisasi ini sebagai wadah saling berbagi informasi sesama Pelaut. Sedangkan KP Kepri ini sendiri dibentuk pada tanggal 16 Desember 2016, di mana ide ini muncul untuk merangkul semua Pelaut di Kepri yang bertujuan sebagai tempat Pelaut mencari informasi, pekerjaan dan dapat menjadikan tempat silaturahmi seprofesi sebagai Pelaut.

"Organisasi ini banyak manfaatnya, selain tempat saling berbagi informasi, juga sebagai tempat membuka lapangan kerja bagi Pelaut yang dalam keadaan menganggur," kata Andi saat ditemui di kafe Pelaut, Jalan KM 8 Atas Tanjungpinang, Kamis (6/4/2017)

Dia menjelaskan, di Provinsi Kepri ini banyak masyarakatnya berprofesi sebagai Pelaut, tetapi tidak saling mengenal. Selain itu KP Kepri ini merupakan organisasi untuk membantu para Pelaut dalam segala urusan, yang kaitan dengan pelayaran di laut. Maka dari itu, organisasi adalah tempat untuk meningkatkan dan memajukan pelaut-pelaut di wilayah Kepri.

"Kita imbau kepada seluruh Pelaut di Kepri baik itu yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk dapat berpartisipasi dalam memajukan organisasi ini," katanya.

Sementara itu, untuk anggota KP Kepri yang telah terdaftar dalam organisasi ini ada sekitar lebih kurang 450 orang. Syarat-syarat untuk menjadi anggota KP Kepri yaitu mempunyai pengalaman kerja sebagai Pelaut dan berdomisili di Kepri, dan dapat datang ke kantor KP Kepri, di Jalan Sultan Machmud, Gang Swadya, Kelurahan Tanjungunggat, Kecamatanan  Bukit Bestari, Tanjungpinang.

"Anggota kita saat ini sudah sekitar ratusan orang. Pada intinya siapapun, suku mana pun akan kita tampung, tetapi harus memiliki syarat-syarat Pelaut," ‎ucapnya.

Menurutnya, organisasi ini telah terdaftar di Pemerintah Pusat serta Pemerintah Provinsi Kepri. KP Kepri katanya lagi, akan didelegrasikan pada tanggal 18 Mei 2017, yang akan diselenggarakan di Aula Kantor Gubernur Kepri.  

"Marilah kita semua menghadiri acara Pelaut ini. Maka dari itu kita mengundang pelaut-pelaut di Tanjungpinang, Karimun, Anambas, Batam, dan Natuna ‎untuk menghadiri acara ini," pungkasnya.

Editor: Udin