Aksi Nyata Peduli Lingkungan

Walikota Tanjungpinang Gelar Goro dan Penanaman Pohon
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 06-04-2017 | 14:14 WIB
Walikota-TPI-Tanampohon1.gif

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menanam pohon di Hutan Lindung Sei Jang, Kamis (6/4/2017). (Foto: Humas Pemko Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2017, Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sei Jang Duriangkang, TNI, LSM, serta pelajar melakukan kegiatan bersih-bersih sampah dan penanaman pohon.

Peringatan tersebut menjadi momentum bagi Kota Tanjungpinang dalam mewujudkan upayanya menjadi kota bebas sampah pada 2020. Peringatan ini dilangsungkan di SMP Negeri 16 Tanjungpinang, Kamis (6/4/2017).

Penanaman pohon diawali oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, diikuti pimpinan FKPD, OPD, serta kepala BPDASHL, serta pelajar.

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengatakan penanganan sampah dengan mengolahnya hendaknya dimulai dari rumah sendiri, ini cara efektif mengatasi persoalan sampah yang selalu seiring pertumbuhan penduduk. Menurutnya, peran serta masyarakat merupakan kunci keberhasilan pengelolaan sampah," ujar Lis seraya menimpali pertanyaan kepada pelajar untuk menjadi duta sampah.

Kesadaran akan pentingnya kebersihan harus kita tanamkan kepada anak-anak. Kedepan saya minta setiap sekolah-sekolah harus ada duta sampah. Tugas mereka nanti mensosialisasikan bagaimana cara pengelolaan sampah, tidak membuang sampah disembarang tempat. "Ananda nanti bisa ingatkan orang tua untuk memilah dan memilih sampah dirumah, paling tidak ada tempat sampah dirumah," seru Lis kepada para pelajar.

Lis menjelaskan, sistem pengolahan sampah di Tanjungpinang masih menggunakan konsep tradisional. Sistem ini masih terus digunakan karena masyarakat belum mengetahui cara pengelolaan sampah dengan baik, sehingga terjadi penumpukan di tempat pembuangan akhir (TPA) Ganet.

Dari data yang tercatat di tahun 2016, dari 61.326,04 ton timbulan sampah baru 24.890,17 ton yang terangkut ke TPA. Jumlah timbulan sampah akan terus bertambah dengan pertambahan jumlah penduduk di Kota Tanjungpinang. Untuk itu penanganan masalah sampah perlu dikelola secara baik dan penuh tanggungjawab agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan terhadap air, tanah, sehingga hasil pengelaan sampah bisa dimanfaatkan.

Karena itu, momentum ini jangan hanya sekadar ceremonial saja, tetapi penting untuk melakukan aksi nyata menjaga dan melestarikan lingkungan. " Mari peduli lingkungan secara nyata, lakukan aksi nyata terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan dan pengelolaan sampah di rumah,". ajaknya

Rohimah, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Sei Jang Duriangkang Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, menjelaskan pada kegiatan penanaman ini kita suport sebanyak 220 batang pohon. Sementara untuk Kepri kita suport 10 ribu batang pohon, seperti pucuk merah, patai, ketapang, mahoni. Kita juga siapkan bibit produktif seperti buah sirsak, jambu buah dan jambu batu.

"Kinta minta dukungan dari Walikota untuk pembangunan sumut resapan untuk memancing timbulnya mata air, disamping penghijauan pohon," pungkasnya.

Editor: Yudha