Empat Bulan APBD 2017 Kepri

Proyek Tak Kunjung Dilelang‎, Ekonomi Kepri Makin Terpuruk
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 22-03-2017 | 19:50 WIB
Nurdin-perintahkan-OPD.gif

Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perintah Gubernur Kepri Nurdin Basirun kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk segera mengumumkan rencana umum pengadaan (RUP) barang dan jasa dan pelelangan proyek pembangunan, tampaknya belum terealisasi.

Pasalnya, hingga saat ini belum satu pun OPD Pemprov Kepri yang melaksanakan lelang proyek masing-masing.

Selain akan mengancam tidak tercapainya program pembangunan yang dianggarkan di APBD 2017, mandeknya lelang proyek ini juga akan memperburuk ekonomi Kepri karena tidak terserapnya alokasi anggaran APBD yang diharapkan sebagai insentif penggerak roda perekonomian Kepri.

Dari data RUP-LKPP, dari seluruh Organisasi Pemerintah Daerah di Kepri, baru hanya sebagaian OPD yang melaksanakan pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang akan dilaksanakan. Hal yang sama juga terlihat di Unit Layanan Pengadaan (ULP) LPSE Provinsi Kepri, hingga saat ini, baru Dinas PU Provinsi Kepri yang melakukan pelelangan.

Menanggapi lambat dan belum terlaksananya kegiatan APBD 2017 ini, Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, mengharapkan agar Kepala OPD dan lembaga di Kepri, dapat kreatif dan bekerja sesuai dengan mekanisme serta aturan target yang sudah disepakati. Sehingga tidak perlu untuk menunggu perintah terus.

"Saya sudah sampaikan, agar semua OPD bekerja dengan kreatif serta tidak perlu harus kena perintah-perintah terus," ujar Nurdin.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga mengatakan, tangkas dan tidaknya aparatur OPD, memang didasarkan pada budaya dan prilaku masing-masing, khususnya dalam pelaksanaan administrasi pelaksanaan anggaran.

"Saya setiap Senin selalu lakukan evaluasi dan mendesak Kepala OPD agar segera melaksanakan kegiatan yang sudah diprogramkan, dan tiap hari saya selalu ingatkan dan nanti akan saya desak lagi," ujarnya.

Nurdin juga mengatakan, dengan kondisi defisit dan kurang maksimalnya penyerapan anggaran 2016 lalu, tidak terulang pada 2017 ini. Sehingga pelaksanan kegiatan di setiap OPD hendaknya dapat segera dilaksanakan dan program pelaksanaan pembangunan yang sudah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan program.

"Atas dasar itu kita tetap upayakan dan kepada semua pihak juga kita minta agar dapat membantu dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini dengan penyerapan APBD 2017 dapat terlaksana sesuai dengan terget," ujarnya.

Editor: Udin