Sebanyak 75 Peserta Ikuti Sertifikasi SKKNI Bidang Informatika
Oleh : Ismail
Selasa | 21-03-2017 | 13:38 WIB
75-Peserta-Sertifikasi-SKKNI1.gif

Kegiatan sertifikasi nasional berbasis SKKNI (Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) bidang informatika untuk angkatan kerja muda di hotel Aston, Tanjungpinang Selasa (21/3/2017).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 75 peserta mengikuti sertifikasi nasional berbasis SKKNI (Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) bidang informatika untuk angkatan kerja muda di hotel Aston, Tanjungpinang Selasa (21/3/2017).

 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika (Pusbang LSI) Kemeneterian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) ini bertujuan untuk membantu angkatan kerja lulus SMK,D1,D2 dan D3 di Kepri yang berprestasi untuk memperoleh sertifikat kompetensi.

Kepala Bidang Literasi Informatika Pusbang LSI, RM Agung Harimurti mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agar SDM di bidang informatika mendapatkan setifikasi agar bisa bersaing dengan tenaga kerja asing dalam menghadapi masyakat ekonomi Asean (MEA).

"Para peserta diuji kemampuannya demi mendapatkan sertifikasi komputer junior. Agar bisa bersaing mendapatkan pekerjaan di seluruh negara Asean," ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari. Dalam kegiatan ini para peserta akan diberikan materi tentang SKKNI. Lalu, akan diuji secara tertulis, dilanjutkan wawancara.

"Para peserta akan memilih klasifikasi bidangnya. Diantaranya, Operator komputer junior, desain grafis junior, dan programer junior," imbuh Agung.

Dalam program sertifikasi ini, katanya, merupakan uji kompetensi tingkat dasar bidang komputer. Program ini juga sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu. Untuk tahun, ada 41 Kota di Indonesia yang melaksanakan Sertifikasi SKKNI bidang informatika.

"Kalau di Tanjungpinang, baru kali pertama kami melaksankan ini. Program ini akan dilaksnakan secara berkelanjutan di tahun berikutnya," tutur Agung.

Editor: Yudha