Awas, Rutan Kelas IA Tanjungpinang Dipasangi Detektor Narkoba
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 04-03-2017 | 15:02 WIB
budisetiawan.jpg

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tanjungpinang, Budi Istiawan. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kini bukan hanya di bandara dan pelabuhan yang dipasangi detektor narkoba atau biasa disebut dengan X-Ray. Tapi Rutan (Rumah Tahanan) Kelas I Tanjungpinang juga kini telah dipasangi satu Unit X-Ray dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan.‎

 

"Tidak hanya mesin X-Ray saja, Rutan juga mendapatkan satu unit alat pendeteksi narkoba," ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tanjungpinang, Budi Istiawan saat ditemui di Rutan Kelas IA Tanjungpinang, Sabtu (4/3/2017).

Budi mengatakan, ‎alat ini nantinya akan digunakan rutin saat jam besuk pengunjung tahanan. Dengan adanya alat tersebut, secara otomatis pengunjung yang berniat memasukan barang haram kedalam rutan akan terdeteksi.

"Barang yang yang dilarang masuk kedalam rutan akan terdeteksi, apalagi narkoba baik itu jenis sabu-sabu maupun yang lainnya akan dapat diketahui dengan alat ini," jelasnya.

Pemasangan mesin X-Ray ini untuk meningkatkan pelayanan di lingkungan Rutan Tanjungpinang serta untuk memberantas peredaran obat-obat terlarang di kalangan para tahanan. Sehingga seluruh tahanan yang ada disini tidak berkontaminasi dengan barang haram itu. ‎

"X-Ray yang kami miliki seperti layaknya alat di bandara dan di pelabuhan untuk memeriksa barang bawaan pengunjung," tegas Budi.

Maka dari itu, pada intinya dengan adanya alat ini pihaknya ‎dapat mengantisipasi masuknya narkoba kedalam rutan Tanjungpinang sehingga dapat memberikan kenyamanan dan tidak membutuhkan waktu lama dalam pemeriksaan.

"Jadi kami berharap para pengunjung maupun tahanan disini ‎jangan coba-coba membawa barang yang dilarang," pungkasnya. ‎

Editor: Dardani