Wah, Sabhara Polres Tanjungpinang Patroli Pakai Sepeda
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Kamis | 16-02-2017 | 19:50 WIB
polisi-dibelikan-sepeda.gif

Polda Kepri berikan sembilan unit sepeda kepada Sabhara Polres Tanjungpinang untuk mendukung kinerja kepolisian, seperti ke wilayah-wilayah yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.(Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah menyatakan kesiapannya melakukan pengawalan jenazah saat dibawa ke pemakaman secara gratis, Sabhara Polres Tanjungpinang kini hadir di tengah-tengah masyarakat ‎untuk menjaga keamanan dan ketertiban dengan berpatroli menggunakan sepeda. 

Untuk menunjang kinerja kepolisian di Tanjungpinang, Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau memberikan bantuan sembilan unit sepeda kepada Satuan Sabhara Polres Tanjungpinang. Sepeda tersebut akan digunakan berpatroli ke wilayah-wilayah yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro, mengatakan, sepeda ini nantinya akan digunakan untuk menunjang kegiatan polisi untuk melakukan patroli setiap harinya, seperti patroli ke gang-gang perumahan yang sulit dijangkau dengan sepeda motor dan kendaraan roda empat.

"Selain itu, sepeda ini akan kita gunakan untuk berpatroli di pasar dan tempat lain yang sulit dijangkau," ujar Joko saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, belum lama ini.

Sementara Kasat Sabhara Polres Tanjungpinang, AKP Limin, mengatakan, berpatroli dengan menggunakan sepeda akan lebih efektif dan efesien. Saat berpatroli, kata Limin, pihaknya bisa langsung berbaur langsung dengan masyarakat.

"Dengan berpatroli rutin dan berbaur dengan masyarakat, dapat menciptakan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Tanjungpinang yang kondusif‎ dan aman," katanya.

Menurtnya, kesembilan sepeda bantua Polda Kepr tidak kalah dengan sepeda motor. Apalagi sepeda tersebut juga dilengkapi dengan alat-alat patroli, seperti ‎lampu rotator, sirine, dan tas yang berisi beberapa perlengkapan patroli.

"Dengan adanya fasilitas ini, maka dapat mendukung dan meningkatkan kinerja Satuan Sabhara dalam melayani masyarakat," pungkasnya

Editor: Udin