Tekan Inflasi, Kepala DP3 Tanjungpinang Ajak PNS Tanam Cabai
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 14-02-2017 | 17:26 WIB
tanam-cabai.jpg

Ilustrasi menanam cabai di halaman rumah (Sumber foto: beritasumut.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Raja Khairani mengatakan, mulai tahun 2017, pihaknya akan mengupayakan membantu pemerintah untuk menekan angka inflasi. Hal itu akan dilakukan dengan memasyarakatkan cabai bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

"Ini bentuknya imbauan, tapi kita harapkan menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh ASN di Pemko Tanjungpinang," tutur Raja Khairani saat dihubungi, Selasa (14/2/2017).

Untuk mensukseskan hal tersebut, Raja Khairani akan berkoordinasi bersama seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mengimbau seluruh stafnya untuk menanam cabai di rumah masing-masing.

"Kita harapkan sebanyak-banyaknya, tapi kalau menurut mereka berat, ya 2-3 polibek jadi lah, ini juga manfaatnya untuk mereka kok," tutur Raja Khairani.

Selain itu, DP3 juga akan melakukan penanaman cabai di kawasan Kampung Sido Mulyo. Raja Khairani mengatakan, ada lahan pinjam pakai seluas 4 hektare, keseluruhannya akan ditanami cabai sebagai usaha menekan inflasi dan menjaga stok cabai di Tanjungpinang.

Kemudian, mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tanjungpinang ini juga mengimbau kepada masyarakat jika mampu, diharapkan bisa turut mengikuti program memasyarakatkan cabai ini. Dan, selain itu kepada ibu-ibu PKK serta pihak kelurahan, juga diharapkan menggerakkan hidroponik sebagai usaha untuk menjaga ketahanan pangan di Tanjungpinang.

"Sebenarnya imbauan memang untuk ASN, tapi kita harapkan masyarakat yang bisa dan mampu melakukan ya ikuti lah, sekarang cabai mahal lo," kata Khairani.

Editor: Udin