Penganugerahan Gelar untuk Istri Kapolri

Tri Suswati Resmi Bergelar Datin Perdana Satria Wangsa
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 21-01-2017 | 14:26 WIB
istrikapolritito.jpg

Istri Kapolri, Tri Suswati (di belakang Jenderal Tito) kini resmi bergelar Datin Perdana Satria Wangsa. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Setelah Kapolri Jenderal Tito Karnavian dianugerahi gelar Datok Perdana Satria Wangsa. Selanjutnya, Majelis Darjah Kerajaan Riau Lingga di Balai Adat Kerajaan Pulau Penyengat menganugerahkan gelar Datin Perdana Satria Wangsa untuk istri Jenderal Tito, Tri Suswati.

Penganugrahan gelar itu diberikan ‎oleh Majelis Darjah Kerajaan Riau Lingga di Balai Adat Kerajaan Pulau Penyengat, yang dilakukan oleh Duli yang Amat Mulia, Sripaduka Baginda yang dipertuan Besar Tengku Husen Ibnu Tengku Saleh Damnah Lingga dan Duli yang Mulia Sripaduka Baginda Yang dipetuan Muda Raja Haji Izharudin Ibnu Raja Ismail dari Majelis Adat ‎Penganugrahan Darjah Kerajaan Riau Lingga.

Baca: Jenderal Tito Resmi Sandang Gelar Datok Perdana Satria Wangsa

Duli yang Mulia Sripaduka Baginda Yang dipetuan Muda Raja Haji Izharudin Ibnu Raja Ismail dari Majelis Adat ‎Penganugrahan Darjah Kerajaan Riau Lingga mengatakan, Dato artinya gelar kebesaran kepada orang yang berjasa dan terbilang, Perdana artinya Yang Utama, sedangkan jika digabung Datok Perdana adalah Gelar Tertinggi dalam perhimpunan agung kesultanan Riau-Lingga dan untuk Satria artinya Pahlawan Atau Pembela, Wangsa berarti Bangsa.

"Sehingga jika digabungkan keseluruhannya arti dari Datok Perdana Satria Wangsa kehormatan dari Darjah Kebesaran Kerajaan Melayu Riau Lingga adalah orang yang berjasa sangat cemerlang dan terbilang pada peringkat utama yang menjadi pembela dan pahlwawan bagi bangsanya," tuturnya.

Maka dari itu, jika Kapolri menyandang gelar Datok Perdana Satria Wangsa, maka secara otomatis dan resmi istri dari Kapolri menyandang gelar Datin Perdana Satria Wangsa.

Editor: Dardani