Kunjungan Tribrata 1 di Pulau Penyengat

Jenderal Tito Ziarah ke Makam Engku Putri Raja Hamidah dan Raja Haji
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 21-01-2017 | 10:10 WIB
tito01.gif

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan istri, Tri Suswati, disambut hangat di Pulau Penyengat. (Foto: Roland Aritonang/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan menerima gelar Datok Perdana Satria Wangsa dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau di Pulau Penyengat. Sebelum menerima gelar kehormatan itu, Jenderal Tito Karnavian dan istri, Tri Suswati, terlebih dulu berziarah ke makam Engku Putri Raja Hamidah dan Raja Haji, Sabtu (21/1/2017).

Pertama menginjakkan kaki di pelabuhan Kuning, Pulau Penyengat, Jenderal Tito bersama rombongan langsung disambut musik kompang, musik khas Melayu dan Pencak Silat. Ia juga disambut jajaran Pemerintah Daerah, seperti Gubernur Kepri, Wali KOta Tanjungpinang, serta Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri dan para Tokoh Masyarakat.

Kunjungan Kapolri ke Pulau Penyengat mendapat pengawalan dari Polres Tanjungpinang. Sedikitnya, 263 personil diturunkan untuk menjaga keamanan Tribrata 1.

Kapol‎res Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro, melalui Kasubag Humas Iptu Aryantono, mengatakan, dalam pengamanan ini pihaknya akan menurunkan 263 personil. Tetapi pihaknya juga dibantu oleh Polres Bintan yang menurunkan 50 personil.

"Selain menurunkan 263 personil, kita juga dibantu oleh Polres Bintan," ujar Aryantono saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (20/1/2017).

‎Dalam pengamanan ini, Polres Tanjungpinang sendiri akan menempatkan personil-personil itu di titik-titik tertentu. Seperti di Pulau Penyengat dan Balai Adat, akan ditempatkan 104 personil, sedangkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura dan Bandara Raja Haji Fisabililah akan diturunkan 176 personil.

"Sisanya gabungan dari personil Polres Tanjungpinang dan Polres Bintan, akan ditempatkan di sepanjang jalan menuju Bandara Tanjungpinang," ucapnya.

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian diagenadakan akan melakukan kunjungan ke Pulau Penyengat, Sabtu (21/1/2017)

Kehadiran orang nomor satu di tubuh Kepolisian di Pulau Penyengat itu untuk menerima penganugerahan Datok Perdana Setiawangsa yang akan dilaksanakan di Balai Adat yang ada di Penyengat.

"Besok pagi Kapolri akan datang ke Pulau Penyengat dan akan mendapatkan penganugerahan dari Lembaga Adat (LAM) Melayu Kepulauan Riau," ujar Kasubag Humas, Iptu Aryantono.

Editor: Gokli