Imlek Tahun Ini, Harga Ikan Dingkis Diprediksi Capai Rp400 Ribu Per Kilogram
Oleh : Habibi Khasim
Jum'at | 20-01-2017 | 13:50 WIB
dingkis01.gif

Ikan Dingkis di pasar tradisional Pelantar KUD Tanjungpinang.(Foto: Habibi Khasim, Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tahun baru Cina atau yang dikenal Imlek, tinggal menghitung hari. Sudah menjadi tradisi, bahwa saat hari raya Imlek, para nelayan akan panen ikan dingkis. Anehnya, meskipun banjir, ikan dingkis yang dijual pada tahun baru Imlek, justru lebih mahal.

Lonjakan harga ikan dingkis ini dipengaruhi oleh banyaknya permintaan masyarakat. Sebab, ikan yang berharga bagi warga Tionghoa ini disebut bisa membawa keberuntungan, sehingga saat Imlek meskipun banjir harganya tetap mahal.

Untuk Imlek tahun ini, yang jatuh pada 28 Januari, diprediksi harga ikan dingkis akan tembus Rp400 ribu/kilonya.

Keistimewaan ikan Dingkis ini saat perayaan tahun baru Imlek adalah, gerombolan ikan betina banyak yang bertelur. Konon katanya, memakan ikan Dingkis beserta telurnya dipercaya oleh orang Tionghoa akan membawa keberuntungan untuk mereka ditahun yang baru. Makanya, meskipun harganya 3 kali lipat lebih besar dari harga daging saat lebaran Idul Fitri, warga yang mengharapkan keberuntungan tetap membelinya walau sedikit.

Salah satu pedagang ikan di pasar tradisional, Pelantar KUD Tanjungpinang, Edi, mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya ikan Dingkis tembus diharga Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Itupun ikan yang kualitasnya bagus dan telurnya tua. Jika ikan yang telurnya muda atau tidak bertelur, dijual dengan harga biasa, yaitu Rp30 ribu sampai Rp60 ribu, tergantung besarnya.

"Selama saya jualan tidak pernah dapat sekilo sampai Rp1 juta. Lagian tidak ada yang beli kalau harganya sampai Rp1 juta. Kita prediksi harganya cuma Rp 400 ribu saja kok," tutur Edi saat ditemui di pasar, Jumat (20/1/2017).

Edi mengaku terkejut karena mendengar kabar harga ikan tersebut tembus Rp1 Juta. Dia mengatakan, sedih jika memang harganya segitu, karena yang laku paling hanya 1 Kg saja, selebihnya tidak akan laku terjual.

Masih kata Edi, harga ikan Dingkis akan naik perlahan selama seminggu kedepan. Puncaknya, kata Edi, 1 hari jelang hari raya Imlek, yang mungkin akan tembus sampai ratusan ribu perkilonya.

"Kalau sekarang, cuma Rp15 ribu saja perkilo, ada juga kawan-kawan jual Rp 30 ribu perkilo untuk ikan segar dan ukuran besar," ujarnya.

Editor: Gokli