Buntut Penolakan Ranperda APBD Kepri 2017

Nurdin Berang, Sebut DPRD Kepri Banyak "Bermain"
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 18-01-2017 | 18:02 WIB
Nurdin-5.gif

Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Nota Keuangan dan Ranperda APBD 2017 yang diajukan Pemerintah Provinsi Kepri sebesar Rp3,360 triliun, ditolak seluruh fraksi di DPRD Kepri. Gubernur Kepri Nurdin Basirun pun berang.

Nurdin pun meminta pada anggota Dewan Kepri untuk konsisten dalam mengkritisi dan memberi masukan atas Ranperda dan Nota Keuangan APBD Kepri itu.

"Aku tahu, kalian itu banyak bermain dan sengaja mempermainkan saya, saya ini orang Melayu," ujar Nurdin geram ketika berbincang dengan anggota DPRD Kepri, Teddy Jun Askara, di gedung DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (18/1/2017).

Sebelumnya, dalam paripurna penyampaian pandangan fraksi, Fraksi Golkar‎ menyoroti minimnya anggaran Dinas Pendidikan di RAPBD Kepri 2017. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, hanya 14,7 persen, tidak sesuai dengan amanat konsistusi UU yang menuntut 20 Persen.

Menanggapai hal itu, Nurdin menyatakan, akan memperbaiki asalkan anggota DPRD Kepri benar-benar komitmen. "Akan diperbaiki, asal benar-benar komitmen saja. Saya tahu banyak yang bermain di sini, saya ini orang Melayu," ujar Nurdin pada Teddy Jun Askara, dengan wajah dan mimik terlihat marah sambil berjalan menuju ruangan Ketua DPRD Kepri.

Namun, ketika dikonfirmasi terkait kemarahannya kepada Teddy Jun Askara dan anggota DPRD Kepri, Nurdin mengaku dirinya tidak marah, dan hanya sedikit lelah.

Terkait dengan sorotan serta kritikan DPRD, atas Nota Keuangan dan Ranperda APBD yang ditolak dewan, Nurdin mengatakan akan segera diperbaiki oleh Tim TAPD.

"Saya tidak marah, hanya sedikit lelah karena kurang tidur. Masukan dan perbaikan yang dikatakan dewan akan segera kami lakukan," ujarnya.

Nurdin juga mengatakan, dengan penolakan sejumlah fraksi DPRD pada Nota Keuangan dan Ranperda APBD 2017 itu, akan mengepaluasi tim TAPD-nya. Dan memerintahakan tim TAPD Kepri, untuk segera melakukan pertemuan dengan seluruh ketua frasksi DPRD Kepri, dalam memberikan masukan terhadap APBD 2017 itu.

Editor: Dardani