Batal Dibangun di Kepri Tahun 2016

Nurdin Janji Bangun Dua Rusunawa Usai Pelantikan OPD Baru
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 11-01-2017 | 17:38 WIB
Gubernur-nurdin2.jpg

Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun (Foto: Dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, sangat menyayangkan batal dan tidak terlaksananya pembangunan dua Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dari APBN di Kepri 2016. 

Namun demikian, dengan terbentuknya Organisasi Pemerintah Daerah yang menanganani Perumahan Rakyat (Dinas Perumahan Rakyat), Nurdin mengatakan, akan optimis pelaksanaan pembangunan Rusunawa tersebut akan dapat dilanjutkan.

"Hal ini memang sangat kita sayangkan, Tapi dengan adanya OPD Baru yang menangani Perumahan Rakyat, program pembangunan Rususnawa ini nantinya dapat dilanjutkan," ujar Nurdin pada BATAMTODAY.COM di Tanjungpinang, Rabu (11/1/2017).

‎Ia menambahkan, melalui OPD Perumahan Rakyat Pemerintah provinsi Kepri yang baru, selain dapat melakukan pembangunan Rumah Rakyat, Mahasiswa, Pegawai dari dana APBD, juga hendaknya dapat mengupayakan pendanaan pembangunan dari APBN.

Mantan Bupati Karimun ini juga mengatakan, demikian juga dengan OPD lain, harus kreatif dan memiliki terobosan serta koordinasi yang baik dengan satuan Kerja Pusat.

"Karena, sangat banyak program pusat yang sangat dibutuhkan di daerah. Sehingga perlu mendapat dukungan, dan diharapkan terus dilakukan koordinasi dalam membuat dan menawarkan program-program yang mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat," ujar Nurdin.

‎Dalam kesemapatan itu, Nurdin juga mengatakan, jika dirinya baru selesai melakukan Rapat Koordinasi dengan Satuan Kerja Sumber Daya Pengairan Dinas PU Kepri. Dan dari pembicaraan tersebut, banyak program pembangunan sumber pengairan dinas PU yang akan dilakukan.

"Titik fokus programnya, selain pada pembangunan sarana dan prasaran air minum, juga mencari sumber air baku Provinsi Kepri ke depan," ujarnya.

Oleh karena itu, tambah Nurdin, dengan banyaknya program yang dibutuhkan daerah, dirinya selalu menekankan kepada masing-masing Kepala OPD dan Satuan Kerja, agar tetap membangun kedekatan hati, dan kalau ada kesulitan pelaksanaan program yang akan dibuat, hendaknya dapat segera dikoordinasikan dan disampaikan.

Sehingga, apapun kendalanya akan dapat diatasi bersama dengan mengajak semua pihak seperti, Bupati, kalangan profesional serta partisipasi masyarakat.

Dalam rapat dengan Kabid Sumber Daya Air PU Kepri, tambah Nurdin, pihaknya juga membicarakan lanjutan pembangunan Waduk Kawal, ‎termasuk pembuatan Water Front City Kota Baru di Tanjungpinang, serta pembangunan sarana dan prasaran Sumber Daya Air di kabupaten/kota lainnya di Kepri.

Editor: Udin