Kowal Harus Mampu Jadi Istri dan Ibu Rumah Tangga

Korps Wanita Angkatan Laut Kepri Peringati Hari Jadi ke-54
Oleh : Harjo
Kamis | 05-01-2017 | 10:50 WIB
KOWAL-5.jpg

Korps Wanita Angkatan Laut Kepri. (Foto: Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mengusung tema "Korps Wanita TNI Angkatan Laut yang hebat dan bermartabat siap mendukung TNI Angkatan Laut berkelas dunia", Kowal memperingati hari jadinya yang ke-54. Peringatan hari jadi Kowal wilayah Kepri dipusatkan di Markas Komando Lantamal IV, Jalan Yon Sudarso Nomor 1 Batu, Hitam Tanjungpinang, Kamis (5/1/2017).

Jati diri prajurit Kowal adalah sebagai wanita Indonesia yang harus menjunjung tinggi martabat dan harga diri dengan senantiasa mengedepankan nilai-nilai kesatuan, keluwesan dan kesahajaan tanpa meninggalkan keberanian, kejujuran dan keterbukaan.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi SE MAP, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan, mengatakan, dalam perjalanan dan pengabdiannya sebagai anggota TNI Angkatan Laut hingga mencapai usia 54 tahun, Kowal telah berhasil memberikan sumbangsihnya terhadap TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara baik melalui penugasan staf maupun lapangan.

"Keikutsertaan para anggota Kowal dalam misi perdamaian dunia yang tergabung dalam pasukan UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) dan MONUC (Mission the L Organisation des Nations Unies en Congo), dalam bidang olahraga anggota Kowal juga berhasil mengukir prestasi dalam berbagai event kejuaraan nasional terutama dari cabang olahraga selam pada PON XIX tahun 2016," tegas Kasal.

Lebih lanjut Kasal mengatakan, bahwa keberhasilan yang telah dicapai membuktikan bahwa pada masa sekarang kesetaraan gender telah benar-benar terimplementasikan dengan baik tidak terkecuali bagi Kowal.

Oleh karena itu, Kowal patut berbangga hati karena diberikan kesempatan yang sama dan mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dengan baik.

Diakhir amanatnya Kasal berpesan kepada segenap prajurit Kowal agar di balik semua kiprah dan keberhasilan yang telah dicapai hendaknya Kowal tidak melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.

Dalam kehidupan berumah tangga, Kowal harus mampu menjadi istri pendamping suami juga menjadi ibu rumah tangga sekaligus sebagai pendidik pertama dan utama bagi putra-putrinya agar menjadi generasi muda yang berguna bagi bangsa dan negara.

Srikandi laut Lantamal IV yang turut mengharumkan nama Lantamal IV khususnya dan TNI Angkatan Laut pada umumnya diantaranya adalah Serda PDK/W Yulita Rachmawati yang tercatat sebagai atlet menembak Propinsi Kepulauan Riau yang berhasil menyabet mendali perunggu pada PON XIX tahun 2016.

Selain itu terdapat pula nama Sertu TTU/W Willa Ellsya yang baru saja kembali dari penugasan misi perdamaian dunia yang tergabung dalam pasukan UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon).

Dengan motto "Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku" serta slogan "Semangat Baru TNI AL", maka semangat pengabdian Kowal kepada negara dan bangsa tidak akan pernah pudar dalam rangka menuju TNI Angkatan Laut berkelas dunia. Semoga Kowal tetap jaya dan selalu mampu memberikan kontribusi terbaik bagi TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara.

Editor: Yudha