Sambaran Petir Padamkan Aliran Listrik Batam-Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 02-01-2017 | 15:50 WIB
ruang-mesin-PLTU-tanjung-Kasam.jpg

PLTU Tanjung Kasam Batam yang dihantam sambaran petir. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Transimisi line pembangkit listrik Tanjung Kasam Batam yang terganggu mengakibatkan pasokan strum ke Tanjungpinang-Bintan padam sejak pagi hingga tengah hari, Senin (2/1/2017).

 

Akibatnya, aktivitas ekonomi, dan rumah tangga, seperti mall, toko dan pasar lainnya di Tanjungpinang, lumpuh. Demikian juga jalanan menjadi macet, karena traffic light juga mati.

Manager Cabang PT. PLN Tanjungpinang, Arimunanto mengatakan, padamnya listrik di Kota Tanjungpinang dan Bintan itu disebabkan adanya gangguan ‎transimisi line di pembangkit Tanjung Kasam. Gangguan ini berdampak pada penyaluran listrik di Gardu Induk Tanjunguban.

"Gangguan transimisi line di pembangkit listrik interkoneksi Tanjung Kasam, disebabkan adanya trasnmisi yang disambar petir," ujarnya.

Akibat gangguan tersebut, aliran listrik di Bintan dan sebagian Batam padam. Selain di Tanjungpinang, ini juga memperngaruhi kondisi beberapa pembangkit trip di Batam.

"Sekarang sedang dalam posisi pemulihan di sistem Batam terlebih dahulu, jika sistem Batam sudah kuat dan stabil, maka tegangan akan dikirim ke sistem Bintan, kita masih menunggu dari Batam," ujarnya.

Editor: Dardani