Nurdin Panen Semangka di Bintan

Dinas Pertanian Diminta Bantu Pemasaran Panen Petani
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 30-12-2016 | 10:02 WIB
panensemangka.jpg

Nurdin saat ikut panen semangka di Bintan. (Foto: Charles Sitompul)

 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri Nurdin Basirun menekankan kepada Dinas Pertanian Kepri agar membantu distribusi dan pemasaran hasil panen pertanian petani Bintan. Itu disampaikannya saat dirinya menyaksikan panen semangka di Bintan.

 

"Pasar yang pasti, harus juga dijaga. Selain mengatur sentra pertanian dan proses distribusi yang lancar.‎ Kalau semua lancar, harapan kita semua kebun pertanin semangka ini ke depan, akan semakin berkembang dan bisa menjadi contoh bagi petani lainnya di Bintan," kata Nurdin saat memanen dan memetik semangka langsung di kebun milik Kelompok Tani "Sumber Makmur" di Kelurahan Sei Lekop Desa Wacopek, Kamis (29/12/2016).

Menurut Nurdin, kebun yang luasnya kurang lebih 4 hektar harus lebih terawat saja. Karena Nurdin melihat hasil panennya tidak meragukan lagi cukup bagus sekali. "Semangkanya besar besar," kata Nurdin.

Karena itu, Nurdin minta pasarnya semakin diperluas. Sehingga semangka bintan menjadi semakin terkenal.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani, Suhairi mengatakan, kebunya kurang terawat karena keterbatasan alat. Untuk itu ia berharap kepada Pemerintah agar memperhatikan usaha tani ini agar kedepannya lebih bagus lagi dan semakin makmur serta sejahtera.

"Kebun buah semangka ini, nantinya akan menggunakan bahan organik. Saat musim panen bisa menghasilkan sampai 35 ton," tuturnya.

Suhairi menambahkan, hasil kebun kelompok tani saat ini sudah merambah beberapa pasar swalayan di Kota Tanjungpjnang dan Kijang.

Ke depannya ia berharap kebun usaha kelompok tani akan dapat terus berkembang dan bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Editor: Dardani