Danlantamal IV Pimpin Sertijab Danlanal Ranai dan Dandenmako Lantamal IV
Oleh : Charles Sitompul/ Harjo
Jum'at | 02-12-2016 | 17:50 WIB
Salam-komando.gif

Salam komando Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI S Irawan SE bersama Danlanal Ranai yang lama dan yang baru serta Dandenmako Lantamal IV yang lama dan yang baru di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No I Batu Hitam, Tanjungpinang, Jumat ( 2/12/2016) (Foto: Charles Sitompul/ Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI S Irawan SE, memimpin pelaksanaan serah terima jabatan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Ranai dari Kolonel Laut (P) Arif Badrudin M Mgt.Stud kepada Letkol Laut (P) Tony Herdijanto SE MSc.

Di samping itu Danlantamal IV Tanjungpinang juga memimpin serah terima jabatan Komandan Detasemen Markas Komando (Denmako) Lantamal IV dari Letkol Laut (P) Sunar Solehuddin SH kepada Letkol Laut (P) Rakhmat Arief Bintoro  berlangsung dalam upacara militer di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No I Batu Hitam, Tanjungpinang, Jumat ( 2/12/2016).

Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M Mgt.Stud selanjutnya akan menempati tugas barunya sebagai Kepala Stratikops Disoplatal Mabesal. Sedangkan Danlanal Ranai yang baru, Letkol Laut (P) Tony Herdijanto SE, MSc sebelumnya sebagai Pabanops Sops Armabar Jakarta.

Begitu juga dengan Letkol Laut (P) Sunar Solehuddin SH, yang akan menempati jabatan barunya sebagai Palaksa Denma Mabesal, sedangkan Dandenma yang baru Letkol Laut (P) Rahmat Arief Bintoro sebelumnya menjabat sebagai Komandan KRI Banjarmasin Satlinlamil Surabaya.

Komandan Lantamal IV, Laksma TNI S Irawan dalam sambutannya mengatakan, penggantian Komandan Lanal Ranai dan Komandan Denmako Lantamal IV yang diselenggarakan hari ini, pada hakekatnya merupakan mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi, dalam rangka mendinamisasikan organisasi di jajaran TNI Angkatan Laut agar lebih mampu menjawab tantangan tugas ke depan.

Hal ini tentunya dimaksudkan agar senantiasa responsive, antisipatif dan adaftif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis yang terjadi.

Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya serah terima jabatan ini, diharapkan akan terwujud penyegaran oraganisasi dan kesinambungan kepemimpinan. Di samping itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan nuansa baru yang dapat memotivasi tumbuhnya kreativitas dan inovasi serta upaya yang lebih untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah ditetapkan.

Selain upacara serah terima jabatan, ini juga sebagai bentuk penghormatan, kepercayaan dan sekaligus peluang yang harus dimanfaatkan oleh para pejabat yang baru untuk membangun prastasi dan karya nyata yang lebih baik.

Terlebih lagi tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan diharapkan dengan keterbatasan anggaran yang tentunya dapat berpengaruh langsung kepada pelaksanaan pemeliharaan dan operasional. Namun demikian, semua potensi yang dimiliki harus dapat dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin.

Untuk itu, Lanal Ranai selaku pelaksana dukungan bagi satuan operasional, berkedudukan langsung di bawah Lantamal IV, mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan dukungan logistic serta admistrasi bagi unsur-unsur TNI AL baik KRI, Pesawat dan personel TNI AL, yang melaksanakan potroli di perairan yang menjadi tanggung jawab, serta melaksanakan tugas-tugas selain berdasarkan kebijakan Pangarmabar dan Kepala Staf TNI AL.

Menurut Danlantamal, wilayah operasional  Lanal Ranai memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, karena terdapat jalur pelayaran internasional yaitu ALKI-I yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia, Singapura dan Vietnam. Untuk itu, Lanal Ranai diharapkan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.

Seperti diketahui bersama, bahwa Denmako Lantamal IV mengemban tugas pembinaan personel, penegakan disiplin, tata tertib dan peraturan Dinas Dalam, pengamanan aset, pemeliharaan lingkungan dan kegiatan protokoler.

Sebagai tampilan dari Mako Lantamal IV, kinerja Denmako Lantamal IV akan dapat menentukan citra Lantamal IV secara keseluruhan. Oleh karenanya, apabila dicermati, tugas, kewajiban dan fungsi Lanal Ranai dan Denmako Lantamal IV serta dihadapkan pada dinamika perkembangan lingkungan strategis yang berubah serba cepat, maka dapatlah dikatakan bahwa tugas-tugas tersebut tidaklah ringan.

Untuk itu, dituntut agar mampu menjadi penggerak utama organisasi, cermat membaca perkembangan situasi, serta dapat membina dan menggerakkan segenap potensi yang ada, baik personel, materil serta potensi lainnya. Sehingga mampu memberikan hasil yang optimal.

"Secara obyektif harus kita akui, bahwa selama ini Lanal Ranai dan Denmako Lantamal IV telah berupaya keras untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya. Sehingga apa yang telah dicapai selama ini sangat membanggakan kita semua," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal IV atas nama pribadi dan jajaran, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, MMgt.Stud dan Letkol Laut (P) Sunar Solehudin SH, atas dedikasi, loyalitas dan kerja kerasnya dalam memimpin Lanal Ranai dan Denmako Lantamal IV selama ini.

"Disertai doa, semoga saudara-saura dapat meraih sukses di tempat penugasan baru. tidak lupa saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada nyonya Mustikasari Arif Badrudin dan Nyonya Inna Sunar Solahudin, dalam mendampingi tugas suami, khususnya dalam pembinaan Jalasenastri Cabang 8 dan Cabang 2, Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada Barat," katanya.

Selanjutnya, kepada Letkol Laut (P) Tony Herdijanto SE MSc dan Letkol Laut (P) Rahmat Arief Bintoro, Danlantamal IV beserta jajaran mengucapkan selamat datang serta selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut kepada mereka, untuk mengemban tugas yang baru sebagai Komandan Lanal Ranai dan Komandan Denmako Lantamal IV.

"Saya percaya dengan berbekal pengetahuan, pengalaman dan berbagai penugasan sebelumnya, saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik," tandasnya.

Editor: Udin