Peringatan Hari Menanam Pohon

Pemko Tanjungpinang Imbau Warga Galakkan Tanam Pohon
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 28-11-2016 | 16:39 WIB
wabugpinang.jpg

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul. (Foto: Habibi Khasim)

 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengimbau kepada masyarakat Kopta Tanjungpinang menggalakkan menanam pohon sebagai warisan untuk kehidupan selanjutnya di Tanjungpinang. Imbauan ini bertepatan dengan memperingati hari menanam pohon yang diperingati setiap tanggal 28 Desember 2016.

 

Syahrul mengimbau setiap keluarga menanam sekitar 25 pohon dalam satu tahun. Dan menurut dia ini harus ada kesadaran dari semua warga di Tanjungpinang guna memberikan "nafas" secara simultan untuk bumi yang dipijak.

"Kita akan terus melakukan sosialisasi, hari ini simbolis kita tanam 600 pohon di SMP Negeri 4, dan besok kita akan gerakkan kelurahan, RT/RW dan warga untuk menanam pohon, masing-masing 1 pohon untuk satu keluarga, itu sudah lebih dari cukup. Dan kita mengimbau 25 pohon dalam setahun, kalau bisa dalam sebulan bisa dilakukan masyarakat," ujar syahrul saat ditemui di SMPN 4 Tanjungpinang, Senin (28/11/2016).

Syahrul sangat mengharapkan adanya kesadaran dari masyarakat terhadap hijaunya lingkungan. Karena sejatinya, masyarakat sangat membutuhkan pohon untuk hidup.

"Kita saling membutuhkan, jika masyarakat berfikir tidak membutuhkan pohon, itu salah besar. Pohon sagat banyak artinya untuk kehidupan kita ini, makanya kita harapkan masyarakat bisa membantu pemerintah dengan cara menanam pohon dilingkungan masing-masing," ujar Syahrul.

Catatan untuk sekolah, kata Syahrul, jika memang mencanangkan anak membawa pohon untuk ditanam di sekolah, pihak kepala sekolah dan guru harus benar-benar meyakinkan orang tua.

"Selain itu jangan dipaksa, jika memang wali murid belum memiliki pohon, jangan dipaksa, bisa jadi pungli itu. Jadi siapa yang bisa maka bawalah, jika memang tidak bisa, mungkin mereka disuruh agar menanam dirumah," tutur Syahrul.

Editor: Dardani