Masyarakat Diimbau Tak Gampang Percaya Terhadap Penjualan Online
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Sabtu | 27-08-2016 | 13:26 WIB
AKP_Andri_Kurniawan-Kasatreskrim-Polres-edit.gif

Kepala Satuan Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Andri Kurniawan (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tajungpinang - Masyrakat Tanjungpinang diimbau untuk waspada dan lebih berhati-hati terhadap berbagai modus penjualan secara online yang sangat marak dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan modus menawarkan barang-barang dengan harga murah. 

"Masyarakat jangan terlalu percaya dan lebih detail lagi untuk membeli barang-barang murah di medsos," ujar Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro, melalui Kepala Satuan Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Andri Kurniawan, saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Sabtu (27/8/2016).

Andri menjelaskan, ‎dirinya memang sudah sering mendapatkan informasi mengenai beberapa warga yang menjadi korban penipuan melalui media sosial atau sejenisnya. Namun hanya beberapa orang yang melaporkan kejadian tersebut.

"Dalam bulan ini saja sudah tiga orang yang menjadi korban penjualan barang-barang secara online di Kota Tanjungpinang," katanya.

Dia melanjutkan, kerugian yang dialami oleh para korban bervariasi besarannya, mulai dari Rp500 ribu hingga puluhan juta dan kebanyakan diduga pelaku yang melakukan penipuan ini berasal dari luar kota Tanjungpinang bahkan dari luar Provinsi Kepulauan Riau.

"Diduga pelakunya berasal dari ‎daerah Medan, Bekasi dan Makasar," ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan penelusuran terkait penipuan online tersebut, dan telah mendata serta mengecek di seluruh jejaring sosial baik itu facebook, BBM dan sejumlah media sosial lainnya.

"Jadi masyarakat diimbau lebih detail lagi dalam mengecek pembelian secara online agar tidak gampang tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya

Editor: Udin