Tanjungpinang Berangkatkan 147 Jemaah Calon Haji Tahun Ini
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 06-08-2016 | 13:46 WIB
jch-pinang-2016.jpg

JCH asal Tanjungpinang yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci, tahun ini. (Foto: Humas Pemko Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 147 Jemaah Calon Haji Kota Tanjungpinang siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Para jemaah calon haji ini akan masuk ke asrama haji di Kota Batam pada 8 Agustus dan akan diberangkatkan pada esok harinya 9 Agustus mendatang.

 

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengatakan, keberangkatan ke tanah suci Mekkah merupakan moment yang ditunggu-tunggu umat Muslim, khususnya jemaah calon haji. "Bapak/ibu adalah orang-orang terpilih dan beruntung, karena bisa melaksanakan ibadah haji," kata dia pada acara Pelepasan Jemaah Calon Haji Kota Tanjungpinang, Musim Haji 1437 H/2016 M, di Aula Asrama Haji Provinsi Kepri Tanjungpinang, Jumat (5/8/2016).

Menurut Lis, manasik haji yang sudah diikuti adalah untuk memberikan wawasan mengenai penyelenggaraan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam.

"Tahun ini rangkaian ibadah haji kita praktikkan secara langsung, berbeda pada tahun sebelumnya, kita hanya berkhayal, jadi dengan praktek yang sudah dijalankan, jemaah calon haji mempunyai gambaran dan dapat diimplementasikan di Mekkah," ucap Lis

Ibadah haji, lanjut Lis, memang membutuhkan kekuatan fisik, oleh karenanya, sepulang dari acara ini, para jemaah harus beristirahat, jagalah kesehatan agar bisa menjalankan ibadah secara optimal selama di Tanah Suci nanti.

Lis pun berpesan kepada seluruh jemaah calon haji, untuk selalu kompak, saling menghormati, serta saling membantu diantara jamaah, yang muda bantu yang tua, yang kuat bantu yang lemah, bangun semangat kasih sayang dan kebersamaan.

Di kesempatan itu, Lis juga mendoakan semoga para calon jemaah dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar serta mendapatkan kesempurnaan ibadah haji yang mabrur. "Perkuat niat, selalu sabar, jaga kesehatan, dan fokus ibadah", katanya.

Sementara itu, Imam Subekti selaku Kepala Pelaksana Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, menjelaskan JCH asal Kota Tanjungpinang yang siap diberangkatkan ke Mekkah sebanyak 147 orang dan 145 orang calon jamaah akan diberangkatkan pada kloter pertama, sementara 2 orang lagi akan diberangkatkan pada kloter 15, tanggal 21 Agustus mendatang.

Awalnya jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Kota Tanjungpinang sebanyak 149 orang, namun, dua orang diantaranya meninggal.

Untuk total calon jamaah haji yang siap diberangkatkan sebanyak 147 orang, 92 orang perempuan dan 55 orang laki-laki, 8 orang diantaranya beresiko tinggi tetapi dalam keadaan sehat.

Imam menyebutkan, untuk calon jamaah haji termuda berusia 25 tahun atas nama Doni Fardiansyah bin Abdul Gaafar Walid, dan tertua berusia 80 tahun atas nama Said Bujang bin Said Muhammad.

"Untuk 145 orang jamaah calon haji asal Kota Tanjungpinang pada kloter pertama akan diberangkatkan ke tanah suci mekkah dibagi dalam 13 regu dan akan terbang melalui embarkasi Hang Nadim Batam," Sebelum berangkat jamaah calon haji harus masuk asrama terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terakhir kelengkapan termasuk cek kesehatan," tuturnya.

Editor: Dodo