Sebanyak 2.805 Warga Tanjungunggat Terima Kartu Indonesia Sehat
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 06-08-2016 | 13:34 WIB
pembagian-kis-unggat.jpg

Suasana pembagian KIS untuk warga Tanjungunggat. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 2.805 warga Kelurahan Tanjungunggat, Kecamatan Bukit Betari, Kota Tanjungpinang menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, khususnya bagi masyarakat kurang mampu/prasejahtera.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanju‎ngpinang, Rustam mengatakan untuk seluruh penerima Kartu Indonesia Sehat di Kota Tanjungpinang sebanyak 16.044 orang. "Penerima ini ditentukan oleh pihak kelurahan dan camat bagi warga yang tidak mampu, dan mereka nantinya pelayanan kesehatan ditempatkan pada kelas III," ujar Rustam, Sabtu (6/8/2016).

‎Rustam juga menjelaskan layanan bagi pemegang KIS ini tidak hanya ada di puskesmas saja tetapi juga bisa berobat di rumah sakit pemerintah di Kota Tanjungpinang, bahkan seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

"Pastinya dengan meminta surat rujukan dari puskesmas setempat," imbuhnya.

Menurutnya tidak hanya pelayanan perobatan saja yang diberikan Pemerintah Kota Tanjungpinang tetapi bagi masyarakat yang di rujuk keluar daerah akan diberikan biaya transportasi oleh yang bersangkutan.

"Harapannya dengan adanya Kartu Indonesia Sehat ini ,saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan KIS ini dengan sebaik mungkin, artinya KIS ini digunakan jangan pada saat kita dalam kondisi sakit tetapi mari kita semua mengontrol kondisi kesehatan kita secara berkala agar menjaga masyarakat yang sehat agar tetap sehat," paparnya.

Pantauan di lapangan, terlihat ribuan masyarakat Tanjungunggat berduyun duyun untuk mengantre ‎dan untuk memperoleh Kartu Indonesia Sehat ini.

Editor: Dodo