147 Jemaah Calon Haji Kota Tanjungpinang Ikut Manasik Haji
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 03-08-2016 | 10:02 WIB
Manasik-haji.jpg

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul berfoto bersama calon jemaah haji yang akan diberangkatkan Pemko Tanjungpinang (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Musim haji 1437 H/ 2016 Masehi, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan memberangkatkan sebanyak 147 Jamaah Calom Haji ke tanah suci Mekkah.

Sebelum diberangkatkan ke tanah suci mekkah, jamaah calon haji diberi pembekalan berupa Bimbingan Manasik Haji yang akan berlangsung selama 3 hari yakni 2-4 Agustus 2016, di Aula Asrama Haji Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang, Selasa (2/8/2016).

Dalam sambutannya, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, di saat kita akan meninggalkan orang-orang yang kita sayangi, memang ada perasaan bakalan terfikirkan mereka, dan itu  sangat manusiawi," InsyAllah, mulai bapak/ibu berngkat, hingga pelaksanaan ibadah nanti, perasaan itu pasti hilang, karena kita sudah merasakan kenikmatan melaksanakan ibadah," ujarnya.

Melalui manasik haji ini, lanjut Lis, para jamaah akan mendapatkan pengengetahuan bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah haji, sehingga nantinya bisa menyamakan antara teori dan praktek selama penyelenggaraan ibadah di tanah suci mekkah.

"Ikutilah manasik haji dengan seksama, tanyakan segala hal yang belum dipahami agar menjadi haji mandiri dan haji mabrur dan mabrurah,” katanya.

Ketika pelaksanaan haji nanti, Lis berharap jamaah haji Kota Tanjungpinang selalu menjaga kekompakan, saling pengertian, dan saling menjaga. "Bapak/ Ibu harus selalu kompak dan saling menjaga, jadi tidak ada jamaah kita yang hilang di sana, laksanakan ibadah dengan niat yang ikhlas dan sabar, Insya Allah ibadah yang Bapak/ Ibu laksanakan akan berjalan dengan lancar," ucapnya

Yang terpenting, pesan Lis, harus menjaga kesehatan, baik mental maupun fisik, persiapkan segala kebutuhan yang cukup selama di sana, misalnya larutan penyegar, ini sangat membantu bongkar panas, mengingat suhu di sana mencapai 50-55 derajat celsius," pungkasnya

Hal yang sama juga dikatakan, Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, yang meminta agar jamaah calon haji mempersiapkan mental, fisik, dan spritual, yang paling utama adalah seluruh jamaah calon haji harus menjaga kesehatan selama di tanah suci mekkah. " Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah", tutur Syahrul

Sebelumnya, Asisten III Bidang Kesejahteraan dan Kemasyarakatan, Ahadi, menyampaikan manasik haji ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang tata cara ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Manasik haji ini, sambung Ahadi, akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari 2-4 Aguatus 2016 di Aula Asrama Haji Provinsi Kepri, dan pelepasan jamaah pada 4 agustus.

Jamaah calon haji akan diberangkatkan dari Pelabuhan Sri Bintan Pura menuju Batam pada 8 Agustus, sementara keberangkatan dari embarkasi Batam menuju Madinah pada 9 Agustus 2016.

Tahun ini, Jamaah Calon Haji Kota Tanjungpinang yang akan diberangkatkan sebanyak 147 orang, terdiri dari 53 JCH pria, dan 94 JCH wanita, untuk jamaah termuda berusia 25 tahun, dan yang tertua 80 tahun," terangnya

Acara itu dihadiri pula, para Asisten, Staf Ahli, serta beberapa pejabat di lingkup Pemko Tanjungpinang, Kakan Kemenang, Ketua MUI, serta jamaah calon haji.

Sebelum meninggalkan acara tersebut, Walikota menyalami seluruh jamaah calon haji, sesekali tampak Lis berdialog santai bersama para jamaah calon haji.

Editor: Udin