Sekaligus Salurkan Beasiswa

BPJS Santuni Korban Laka Kerja di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 30-07-2016 | 12:50 WIB
bpjs-santunan-pinang.jpg

Para penerima santunan bersama Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, seluruh jajaran BPJS dan Kadinsosnaker Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang- Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang memberikan santunan kematian kepada keluarga korban kecelakaan kerja dan beasiswa bagi peserta CV Radja Bersaudara dan ‎Tenaga Kerja PT Tirta Madudi Pasar Bintan Center, Sabtu (30/7/2016).

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Tanjungpinang ‎Muhammad Kurniawan mengatakan penyerahan santunan ini merupakan program kerja instansinya dari sektor informal. Acara ini juga disejalankan acara edukasi pasar rakyat dengan tujuan untuk menyosialisasikan BPJS dari sektor informal untuk para pedagang.

"Dalam santunan ini ada tiga orang yang menerimanya, dengan jumlah yang berbeda dimana untuk ‎santunan kematian karena kecelakaan kerja di dua perusahan. Penerimanya Reni Purba menerima santunan sebesar Rp108.600.000. Kemudian Hemi sebesar Rp 50 juta dan untuk beasiswa Ratih yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi UMRAH sebesar Rp12 juta," kata Muhammad Kurniawan.

Dia menjelaskan ‎perlu diketahui bahwa BPJS program kerja pemerintah Askes yang bernaung untuk masyarakat, jadi pihaknya memberikan perlindungan tidak hanya untuk sektoral saja tapi bagi para pedagang juga.

"Ketika terjadi kecelakaan tidak lagi memikirkan biayanya dan untuk pada saat ini sudah 1.100 pekerja sektor informal yang tercatat di BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang,"katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kota Tanjungpinang, Surjadi mengatakan dengan program BJS ini sangat membantu, sehingga apabila keluarga ditinggal oleh kepala keluarga.

"Selain itu BPJS juga menyediakan beasiswa dan program ini sangat membantu, karena preminya hanya Rp 16 ribu per bulan,"paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan masyarakat masih merasa asing terhadap BPJS in. Ada dua jenis BPJS yakni Kesehatan dan Ketenagakerjaan dimana keduanya sangatlah penting.

"Seperti kita ketahui apabila kita berobat ke rumah sakit sudah berapa biayanya coba kalau menggunakan BPJS maka dapat membantu kita," kata Lis.

Menurutnya BPJS Ketenagakerjaan dampaknya kepada ahli waris, memang kita ada yang menginginkan tertimpa musibah tetapi kita harus memikirkan hal tersebut. Selain itu dengan biaya yang rendah kita bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih tinggi dari biaya terdebut.

"Karena hidup masih berjalan terus,jadi manfaatkanlah kesempatan ini untuk hidup yang jauh lebih baik," pungkasnya.

Editor: Dodo