Waspada! Angin Kencang Disertai Petir serta Gelombang Tinggi di Anambas dan Natuna
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 28-07-2016 | 10:26 WIB
awan-Comulonimbus.jpg

BMKG Tanjungpinang ingatkan waspadai hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang bila ditemui awan Comulonimbus (CB) yang berwarna hitam pekat (Sumber foto: CNN)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang menyatakan, sejumlah wilayah di Provinsi Kepri akan berpeluang hujan pada pagi hingga sore hari, Kamis (28/7/2016).

Selain itu, potensi angin kencang disertai petir dan gelombang tinggi yang mencapai 0,2-1,3 meter di wilayah Laut Natuna dan Anambas perlu diwaspadai.

Kepala BMKG Tanjungpinang, Bhakti Wirakusuma menjelaskan, potensi hujan di sejumlah wilayah Provinsi Kepri sangat memungkinkan, akibat adanya perlambatan pergerakan angin akibat belokan di wilayah Kepri dan faktor lokal yang kuat, yang menyebabkan potensi utama pertumbuhan awan di wilayah Bintan, yang memungkinkan terjadinya potensi hujan lokal.

"Khusus di wilayah Pulau Bintan, saat ini terdapat pumpunan awan dengan puncak awan 8 sampai dengan 21 derajat celcius dan akan berpotensi tumbuh menjadi awan comulus pada siang hari," ujarnya.

Sedangkan arah angin di wilayah Kepri dan Pulau Bintan, umumnya akan bertiup dari arah Tenggara menuju Barat Daya, dengan kecepatan 0,5-15 Knot atau 10 sampai 30 Kilometer per jam.

"Dengan kondisi cuaca ini, perlu diwaspasai hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang bila ditemui awan Comulonimbus (CB) yang berwarna hitam pekat yang sangat berpeluang terjadi di wilayah Provinsi Kepri," ujarnya.

Editor: Udin