80 Siswa Ikuti BJRB di Lantamal IV Tanjungpinang
Oleh : Harjo
Selasa | 19-07-2016 | 14:26 WIB
bjrb06.jpg

Pembukaan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI Angkatan Laut tahun 2016 di Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto: Dispen Lantamal IV Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Selaras dan seirama dengan program Presiden RI Joko Widodo yaitu Indonesia sebagai poros maritim dunia, dimana nilai-nilai wawasan nusantara mendasari aktualisasi pembangunan bangsa, dan menempatkan pembangunan kelautan secara proporsional dalam tataran pembangunan secara menyeluruh.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, Asrena Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Ferry Supriady, S.T., M.M. mewakili Komandan Lantamal IV Tanjungpinang membuka secara resmi kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI Angkatan Laut tahun 2016 dalam suatu upacara di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IV Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Tanjungpinang, Selasa (19/07/2016).

Bangsa Indonesia secara aspek geostrategi adalah bangsa bahari, yakni bangsa yang sadar akan jati dirinya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan dua per tiga wilayahnya merupakan lautan, sehingga hidup dan masa depan rakyatnya bergantung pada laut yang merupakan modal dasar pembangunan terbesar yang telah diberikan oleh Tuhan kepada bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya, Danlantamal IV mengatakan kegiatan BJRB TNI Angkatan Laut merupakan wahana yang efektif untuk mempererat tali persudaraan antara remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan ini juga merupakan sarana yang sangat tepat untuk dapat menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air, jiwa kejuangan serta kebaharian kepada generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Melalui kegiatan BJRB ini diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda sebagai penerus bangsa yang berilmu, bertakwa dan memiliki akhlak yang tinggi, menanamkan jiwa nasionalisme, menumbuhkan jiwa bahari dan sikap mental patriotik sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila, menanamkan disiplin dan kebersamaan, dan jiwa pekerja keras dalam memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Pelaksanaan BJRB wilayah Tanjungpinang merupakan agenda rutin TNI Angkatan Laut dengan penyelenggara Lantamal IV Tanjungpinang dengan Komandan Satgas BJRB Letkol Laut (P) Tri Antono, S.M. yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Dispotmar Lantamal IV. BJRP dilaksanakan tiap tahun untuk memberikan dan mengisi masa liburan anak-anak sekolah dengan kegiatan yang positif sebagai salah satu bentuk pembinaan remaja untuk menanamkan kemauan dan ketahanan jiwa bahari.

Selama kegiatan yang akan berlangsung semala tiga hari, para siswa akan mendapatkan pembekalan mengenai kepemimpinan, bintal ideologi, bintal rohani, pencegahan kenakalan remaja, bahaya narkoba dan HIV, penyuluhan hukum, bintal juang, out bound, PBB, kebaharian dan kunjungan ke KRI.

Hadir pada acara pembukaan BJRB tersebut diantaranya para Asisten Danlantamal IV, para Kadis/Kasatker di lingkungan Mako Lantamal IV dan perwakilan guru pendamping dari tiap-tiap sekolah.

Editor: Dodo