Kadispar dan Pelaku Pariwisata Kepri ke Australia Dibiayai Kemenpar, Anggota Dewan?
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 18-07-2016 | 19:58 WIB
logo-the-travel.jpg

Logo The Travel Industri Exhibition Australia 2016 (Sumber foto: travelindustryexpo.com.au)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti, membenarkan keberangkatanya ke Sydney, Australia, bersama sejumlah pelaku industri pariwisata di Kepri. Keberangkatan Kadispar dan pelaku industri pariwisata, guna memenuhi undangan dan didanai dari APBN melalui Kementerian Pariwisata. 

"Kami ikut memenuhi undangan Kementerian Pariwisata. Kami berangkat dengan sejumlah pelaku industri pariwisata di Kepri melalui The Travel Industri Exhibition, yang dibiayai Kementerian Pariwisata," ujar Guntur melalui WA-nya pada BATAMTODAY.COM, Senin (18/7/2016).

Selain pihaknya, Guntur menambahkan, juga ikut Ketua DPD Asita Kepri dan Cluster Direktor Sales and Marketing Duo Harris. Dalam memenuhi udangan kepercayaan ‎yang diberikan Menpar ke Kepri untuk ikut dalam menggarap pasar wisatawan Australia yang cukup potensial, karena saat ini Australia merupakan negara yang bebas visa masuk ke Indonesia.

"The Travel Industri Exhibition ini merupakan ajang pertemuan antara saller and buyer. Seluruh pengunjung pameran adalah para travel agent yang ada di seluruh negara Kangguru itu. Delegasi Kepri yang ikut merasa puas karena mereka langsung bertemu dengan para pemain di industri pariwisata," ujarnya.

Dalam pertemuan di Sydney itu, tambah dia, banyak yang menanyakan tentang posisi Batam dan Bintan. Setelah dijelaskan, posisi kita berada di depan Singapore dan hanya berjarak 20 Kilometer dengan waktu tempuh lebih kurang 35 menit, maka mereka sangat antusias. Bahkan beberapa pengunjung yang membawa laptop dan gadget langsung membuka google map‎.

Selain itu, Guntur menambahkan, pihaknya juga melakukan ‎pertemuan dengan VITO Australia untuk Indonesia (Organisasi semacam Duta Australia untuk Indonesia). Dalam pertemuan itu, pihaknya juga berdiskusi tentang Even Sail Selat Karimata dan Festival Bahari Kepri yang akan dilaksanakan pada Oktober 2016 mendatang.

"Misi kami bertemu VITO Australia dan Kemenpar, kami rasa sangat elegant, khusunya dalam menjual wisata Bahari di Indonesia dan dalam kesempatan itu, ‎Kemenpar juga meminta bantuan VITI untuk mempromosikan agenda Event Sail Selat Karimata dan Festival Bahari Kepri kepada para Yachter yang ada di Australia," ujarnya.

Sedangkan kehadiran Ketua dan Anggota DPRD Kepri, dikatakan Guntur pihaknya tidak terlalu mengetahui, kendati diakui ada bertemu dalam even The Travel Industri Exhibition di Australia tersebut.

Sekretaris DPRD Kepri, Hamidi, yang dikonfirmasi dengan keberangkatan Kertua DPRD dan sejumlah anggota Dewan ke Australia ini, masih enggan memberikan tanggapan. Melalui Konfirmasi pesan singkat, Hamidi mengaku demam.

Sementara Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak yang juga dihubungi dari bunyi nada handphonenya sedang berada di luar negeri. SMS konfirmasi BATAMTODAY.COM, yang mempertanyakan keberangkatanya, serta berapa orang yang ikut dari dewan, belum juga memberikan jawaban.

‎Editor: Udin