Pelayaran dari Pelabuhan SBP Ditunda akibat Cuaca Buruk
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 14-07-2016 | 12:22 WIB
sbp-cuaca-buruk.jpg

Cuaca buruk yang menyelimuti Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Akibat hujan deras disertasi angin kencang, melanda perairan Tanjungpinang dan Bintan, Kantor Kesyabandaran Otorotas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, menghentikan sementara seluruh keberangkatan kapal ferry tujuan Batam, Dabosingkep dan sejumlah pulau lainnya dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kamis (14/7/2016).

 

"Akibat angin kencang dan hujan deras, semua kapal ferry dari Ppelabuhan SBP Tanjungpinang, untuk sementara waktu keberangkatanya ditunda, sampai cuaca memungkinkan," kata Kepala Operasi KSOP Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Masbicim.

Akibat penundaan ini, seluruh penumpang tujuan Batam dan Dabosingkep tertahan di ruang keberangkatan Pelabuhan SBP.

Pada pagi, BMKG Tanjungpinang juga telah menginformasikan,‎ wilayah Tanjungpinang dan Bintan diliputi awan, dan akan berpotensi hujan sedang hingga lebat pada siang hari.

"Potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Bintan akan berada di wilayah Tanjunguban, Trikora, Toapaya, Senggarang, Dompak, Tanjungpinang dan sekitarnya," kata prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti Wira Kusuma.

‎‎Angin berhembus dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 0,5 sampai dengan 30 km/jam. Sedangkan suhu diperkirakan anatara 25 sampai dengan 31 derajat Celcius, dan kelembapan udara anatara 63 sampai dengan 95 persen.

Sementara itu, ketinggian gelombang di perairan Kepri, seperti perairan Batam-Tanjungpinang antara 0,2-0,6 meter, perairan Bintan 0,2 sampai 1 meter. Sedangkan di perairan Anambas dan Natuna tinggi gelombang mencapai 0,2 sampai 1 meter.

Editor: Dodo