Kesadaran Masyarakat Tanjungpinang Minim Tuk Buang Sampah pada Tempatnya
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 13-07-2016 | 20:11 WIB
Lis.jpg

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengatakan kesadaran masyarakat kota Tanjungpinang untuk membuang sampah pada tempanya dinilai sangat minim. Hal ini terlihat masih banyaknya sampah berserakan, meskipun Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tanjungpinang sudah menyediakan Bak Sampah. 

"Seperti terlihat, sering sekali kita mendapat informasi bahwa ada masyarakat yang ‎menggunakan sepeda motor dengan membawa sampah, ketika melihat tempat tersebut sepi mereka langsung membuang sampah dengan sembarangan," ujar Lis saat ditemui di Kantor Walikota Tanjungpinang, Rabu (13/7/2016).

Lis juga menjelaskan, seperti perbatasan antara Jalan Batu Sepuluh dengan Jalan Kijang itu, seringkali pihaknya menangkap masyarakat yang sering membuang sampah di daerah tersebut.

"Kita sering malakukan penangkapan terhadap warga yang bandel, dan kita berikan sanksi seperti jika mengulangi perbuatan seperti itu lagi akan kita tindak tegas dan tidak main-main," katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Tanjungpinang tidak mungkin menempatkan aparatur di setiap ‎jalan untuk memantau orang-orang yang membuang sampah dengan sembarangan.

"Dengan kesadaran diri sendiri saja, maka kota Tanjungpinang dapat terhindar dari yang namanya sampah," paparnya.

‎Selain mengakibatkan banjir, pemandangan sampah dan bau menyengat pun menghiasi jalanan dan dapat mengakibatkan penyakit bagi masyarakat sekitar Kota Tanjungpinang .

"Seperti di Jalan Pemuda, petugas kebersihan kita selalu melakukan pembersihan selokan-selokan di parit-parit dan selalu mendapatkan banyak sampah plastik dan pasir yang ditemukan di tempat itu," ungkapnya.

Lis mengimbau, agar bersama-sama untuk menjaga kebersihan, yang semata -mata bukan untuk kepentingan pribadi melainkan untuk kepentingan bersama.

Editor: Udin