Selama Ramadhan 2016, Baznas Kepri Kumpulkan Rp300 Juta
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 05-07-2016 | 19:06 WIB
baznazkepri.jpg

Wakil Ketua Baznas Kepri, Moch Aminudin Hadi. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ramadhan telah berlalu. Kewajiban umat Islam untuk berzakat pun telah dituntaskan. Dari sumbangan zakat yang diberikan masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau, termasuk Gubernur Kepulauan Riau, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau meraup dana sebesar Rp300 juta selama bulan Ramadhan.

 

Wakil Ketua Baznas Kepri, Moch Aminudin Hadi mengatakan, Rp300 juta tersebut hanya di Provinsi saja. Sementara untuk kabupaten/kita se-Kepri laporannya akan dirampungkan pada malam takbiran nanti.

"Alhamdulillah kita selama setahun ini telah mendapatkan Rp. 300 juta dalam waktu sebulan. Berbeda dengan hari-hari biasa, pada bulan Ramadhan memang tinggi sekali antusiasme masyarakat dalam beramal" ujar Aminudin saat dihubungi, Selasa (5/7/2016).

Dari Rp300 juta tersebut, Aminudin mengatakan, Rp230 jutanya berasal dari muzahik atau zakat orang perorang. Sementara itu yang berjumlah Rp70 jutanya berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Provinsi Kepri.

"Nah untuk bulan Ramadhan ini memang paling banyak dari bulan biasanya. Paling bulan biasa kita hanya dapat Rp100 juta perbulan, namun pada bulan ini sampai segitu, luar biasa sekali," ujar Aminudin .

Memang menurut dia, jumlah uang yang didapat oleh Baznas Kepri sejak Januari hingga Juli, termasuk bulan Ramadhan ini berkisar Rp800 juta.

"Untuk target, memang belum mencukupi, namun tetap Kan kita upayakan. Target Ramadhan juga sebenarnya tidak tercapai, karena kita menargetkan Rp. 500 juta, tapi dapat segitu sungguh prestasi yang luar biasa. Kalau bicara target tahunan doakan saja tercapai," ujarnya.

Editor: Dardani