2.805 Pelajar SMA Sederajat Kota Tanjungpinang Siap Ikut UN 2016
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 21-03-2016 | 11:40 WIB
kasi_heni_wati.jpg
Kasi SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Heni Wati. (Foto: Roland Aritonang)  

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Kepala Seksi (Kasi) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Heni Wati  mengatakan, sebanyak 2.805 pelajar SMA dan sederajat se Kota Tanjungpinang  siap mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan di laksanakan pada tanggal 4-7 April 2016.

"Ujian Nasional kali ini akan diikuti 2.805 pelajar SMA, SMK, dan madrasah baik swasta maupun negeri," ujar Heni saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kota Tanjungpinang, Jum'at (18/3/2016). 

Heni Wati  juga menjelaskan, yang mengikuti UN tahun ini, dari jumlah peserta tahun ini kalau kita lihat sedikit mengalami penurunan yang pada tahun 2015 sebelumnya sebanyak 2.863 pelajar. 

‎"Kalau kita lihat tahun ini persertanya mengalami penurunan sedikit ada sekitar 58 orang," tambahnya.

Dia juga menjelaskan UN ini diikuti oleh 28 sekolah dan sistem ujian nasional tahun ini dengan menggunakan berbasis komputer yang di ikuti oleh 10 sekolah baik negeri maupun swasta di kota Tanjungpinang. 

"Sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK) diikuti oleh 10 sekolah masing, SMAN 1, SMAN2 , SMA N 3, SMA dan SMK Pelita Nusantara, SMK N 1, SMK N 2 , SMKN3, SMA Santa Maria dan SMA Maitreya Tanjungpinang," tuturnya.

Untuk menyukseskan program‎ UNBK Pemerintah pusat memberi bantuan kepada  sekolah menengah atas sebesar senilai Rp200 juta.

"Sekolah Menengah Atas yang mendapat bantuan sebagai penunjang ujian ini antara lain SMA N1 dan SMA N 2," ungkapnya. 

‎Heni meuturkan, UN berbasis komputer ini lebih bagus dan ‎akurat. Karena kalau dilihat dari indeks prestasinya lebih tinggi dan tingkat kejujurannya lebih bagus sehingga tahun 2015 SMKN 1 dan SMPN 1 mendapatkan predikat sekolah yang tingkat kejujuranya lebih bagus dibandingkan sekolah lain di Kota Tanjungpinang. 

Saya berharap UNBK ini akan berlangsung dengan baik dan tidak ada pemadaman yang dilakukan oleh PT PLN Persero Cabang Tanjungpinang.

"Terkait dengan sering terjadinya pemadaman yang sering terjadi oleh PLN kami pihak dinas pendidikan akan melakukan audiensi kepada pihak PLN kota Tanjungpinang," tutupnya.

Editor: Dardani