Pohon Tumbang Hantam Kabel dan Tiang Listrik di Jalan Wiratno Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 06-02-2016 | 22:43 WIB
IMG_20160206_172922.jpg
Maintenance PT PLN Tanjungpinang sedang mengganti tiang yang roboh akibat tertimpa pohon (Foto : Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Selain menimpa dua pengendara motor, pohon besar yang tumbang itu juga  menghantam satu tiang listrik tegangan menengah di Jalan Wiratno Tanjungpinang. Akibatnya, listrik padam di sejumlah rumah dan ruko di kawasan Jalan Wiratno, Jalan Basuki Rahmat, Lembah Purna dan Jalan Pramuka.

Kendati pegawai Kebersihaan, Pertamanan dan Pemakaman telah melakukan pemotongan dan membersihkan pohon dan dahan besar, yang melintang di jalan hingga Magrib, namun pihak PLN Kota Tanjungpinang belum berhasil menyambung dan merapikan kabel yang putus dan terjuntai disepanjang jalan Wiratno Tanjungpinang tersebut.

"Sudah terlanjur sore, kalau saat ini seluruh kabel yang tertimpa sudah tidak memungkinkann untuk dirapikan, dan gardu aliran listrik sepanjang daerah ini terpaksa dimatikan," sebut salah seorang pekerja yang mengaku bernama Yanto, Sabtu (6/2/2016).

Pantaun BATAMTODAY.COM, hingga pukul 20.30 WIB, seluruh dahan dan batang pohon sudah berhasil disingkirkan dari tengah jalan. Sementara kabel dan tiang listrik yang tumbang dan terjuntai akibat tertimpa pohon, belum diperbaiki. Hanya satu tiang listrik, pengganti yang roboh yang berhasil dipasangan oleh pekerja maintenance PT PLN Persero.

Sementara, kabel listrik tegangan menengah dan kabel listrik tegangan rendah yang disalurkan ke pelanggan, hingga saat ini masih terjuntai ke tanah dan tiang. Demikian juga kabel telephone milik telkomsel, juga terlihat terjuntai hingga ke tanah.

Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang, Al-Muzwar Amal, mengaku telah dilakukan pemangkasan pada dahan pohon yang berada disepanjang jalan Kota Tanjungpinang.

Mengenai pohon tumbang yang menimpa korban Marlina dan satu pengendara lainnya, dikatakan Al-Mazwar ‎Amal diluar pantauan Dinasnya. "Selama ini kita terus lakukan pemangkasan dahan, pohon kayu yang tumbangan ini diluar dari pengawasan kita, karena memang akar dan batang pohon bawahnya, sudah lapuk serta terbakar sebagian," sebutnya.

Sebelumnya, angin kencang yang melanda Kota Tanjungpinang telah menumbangkan sebatang pohon besar, yang batang dan akarnya telah lapuk, di Jalan Wiratno Tanjungpinang. Dua pengendata motor bebek Vario dan Beat, mengalami luka parah setelah tertimpa pohon yang tumbang itu.

Editor : Udin