DPA Dibagikan, Proyek Pemko Tanjungpinang 2016 Dimulai
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 05-02-2016 | 20:14 WIB
Pembagian_DPA_pemko_batam.jpg
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat menyarahka DPA kepada para Kepala SKPD. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah didampingi Wakil Walikota Syahrul, S. Pd, menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemko Tanjungpinang. Penyerahan DPA itu merupakan seluruh kegiatan dari Anggaran APBD 2016.


Selain pembagian DPA, dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan fakta integritas pada seluruh Kepala SKPD lingkungan Pemko Tanjungpinang agar tidak melaksanakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam pelaksanaan kegiatan. 

Penandatanganan fakta integritas dan pembagian DPA itu dilaksanakan di Aula lantai III, Kantor Walikota Tanjungpinang, Sengarang,Jum'at (4/2/2016).

Lis Darmansyah mengatakan, penyerahan DPA ini merupakan tahap akhir dari proses siklus perencanaan penggangaran dan menjadi puncak pelaksanaan kegiatan pemerintah Kota Tanjungpinang pada APBD tahun 2016. 

"Besaran anggaran yang ada di masing-masing SKPD menjadi tantantang bagi kita untuk dapat menindaklanjuti kegiatan yang ada di DPA dengan lebih jeli," kata Lis Darmansyah.

Lis juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada tim anggaran pemerintah daerah. Kepala SKPD serta pihak lainnya, atas selesainya DPA tahun 2016 sesuai waktu yang ditentukan, dan semua itu, dilakukan  setelah melalui proses yang cukup panjang.

Lis berharap, dengan sudah diserahkan DPA, saya minta kepada semua Kepala SKPD agar segera melaksanakan program yang sudah direncanakan. Sehingga kegiatan yang sudah direncanakan, dapat berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan, agar program itu tidak bertumpuk pada satu triwulan.

Lanjut Lis, kepada seluruh SKPD, agar dapat mensosialisasikan program yang akan berlajan di  tahun 2016 ini, "Saya minta sosialisasikan aktivitas di semua bidang, khususnya bidang-bidang yang berhubungan secara langsung terhadap kepentingan masyarakat," tutur Lis lagi.

Beberapa SKPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang yang menerima DPA. Diantaranya, Dinas Pendidikan jumlah total belanja Rp239,603 miliar, untuk Dinas Kesehatan jumlah belanja Rp36,795 miliar, dan Badan Layanan Umum/ Rumah Sakit Umum dengan total belanja Rp60,400 miliar.

Acara itu, dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si, para Asisten, Staf Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, serta Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Editor: Dardani