DBH Rp 171 Miliar Belum Cair, Kas Pemprov Kepri Tinggal Rp 30 Miliar
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 23-12-2015 | 17:12 WIB
uang2_9.jpg

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kas Provinsi Kepulauan Riau diketahui tinggal tersisa Rp 30 miliar menyusul belum dicairkannya Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 171 miliar.

Hal itu terungkap dalam rapat Banggar DPRD Kepri dengan Kepala Badan Keuangan, Kekayaan dan Aset Daerah Kepri, Meidy Kristanto di DPRD Kepri, Rabu (23/12/2015). 

"Dana Bagi Hasil sebesar Rp171 miliar belum ditransfer ke kas Pemprov Kepri. Ini juga terjadi di berbagai daerah," katanya.

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kepri Husnizar Hood itu, Meidy mengatakan sampai sekarang belum diketahui penyebabnya. Permasalahan itu menyebabkan berbagai kegiatan pemerintah yang sudah dilaksanakan belum dapat dibayar.

Saat ini, lanjutnya pembayaran terhadap kegiatan pemerintahan tidak bisa menggunakan cek, melainkan melalui surat perintah pembayaran yang dikeluarkan BKKAD Kepri. Namun belum diketahui apakah surat perintah pembayaran tersebut berlaku sampai 2016.
     
"Ini harus dikonsultasikan," ujarnya.
    
Dalam rapat yang dihadiri Sekda Kepri Robert Iwan L dan sejumlah kepala SKPD tersebut, dua fraksi tidak hadir yakni PDIP dan Golkar. Sementara fraksi yang hadir Fraksi Kebangkitan Nasional, Demokrat Plus, Hanura Plus dan Fraksi PKS PPP. Keempat fraksi menyampaikan pandangan akhir fraksi terhadap nota keuangan Ranperda APBD 2016.‎ ‎

Editor: Dodo