Utamakan Keselamatan Penumpang Mudik Natal dan Tahun Baru 2016
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 19-12-2015 | 21:47 WIB
Satu Unit Kapal Angkutan Anak Sekolah Bantuan Dari Star Energy Kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.jpg
Salah satu armada transportasi laut utama di Provinsi Kepri. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana mengingatkan para operator dan otoritas transportasi laut, darat dan udara di Kepri, agar mengutamakan keselamatan penumpang yang melakukan mudik Natal dan Tahun Baru 2016. 


Hal itu dikatakan Gubernur atas terjadinya sejumlah keluhan, serta untuk menghindari kecelakaan dan musibah saat mudik Natal dan Tahun Baru 2016 ini. "Untuk operator dan otoritas transportasi bandara dan pelabuhan, saya mengingatkan agar dapat mengutamakan keselamatan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru ini," ujarnya pada sejumlah wartawan di Tanjungpinang, Sabtu (19/12/2015). 

Terkait dengan adanya kekecewaan sejumlah penumpang pesawat di Bandara Hang Nadim Batam, Agung Mulyana meminta agar management maskapai ‎dapat memberikan pengumuman sebaik-baiknya jika ada perubahan jadwal pada setiap penerbangan.

Selain itu, kata Agung, sesuai dengan UU Penerbangan, operator bandara agar dapat mengatur dan melaksanakan kewajiban maskapai atas tanggung jawabnya pada calon penumpang yang armada pesawatnya mengalami keterlambatan dengan waktu yang tidak wajar.

"Kalau memang tidak memungkinkan untuk berangkat akibat sesuatu hal, teknis maupun akibat cuaca bagi kapal dan pesawat, agar dilakukan koordinasi dan diumumkan secara luas pada calon penumpang, sehingga masyarakat dapat memahami dan maklum dengan kondisi yang tejadi," paparnya.

Editor: Dardani