Pimpin Apel Besar Satpol PP

Gubernur Kepri Tekankan Netralitas dan Peningkatan Kewibawaan Satpol-PP
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 07-12-2015 | 10:46 WIB
Satpol-PP_Kepri_angkat_Pj.Gubernur_Usai_Pelaksanaan_Apel_edit.JPG
Penjabat Agung Mulyana terharu bercampur gembira saat dirinya diangkat dan dielukan sebagai bentuk luapan kegembiraan pada HUT Satpol PP ke-60, Senin (6/12/2015) di halaman Kantor Gubernur Kepri Dompak, Tanjungpinang  (foto :  Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka persiapan akhir memantapkan dukungan terhadap kelancaran pengamanan jalannya Pilkada serentak secara nasional di Kepulauan Riau, Penjabat Gubernur Kepulauan Riau memimpin apel besar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Senin (6/12/2015) di halaman Kantor Gubernur Kepri Dompak, Tanjungpinang. Sedangkan pesertanya sendiri terdiri dari seluruh jajaran Satpol PP Provinsi Kepri, Satpol PP Kota Tanjungpinang dan Bintan.

"Ini Perintah Mendagri agar Satpol PP memantapkan dukungannya. Satpol sebagai garda terdepan dalam menjaga ketentraman masyarakat, selama  jalannya pilkada agar masyarakat tetap merasa  aman, damai dan Pilkada lancar," ujar Agung Mulyana dalam arahannya.

Agung juga menegaskan apa yang pernah disampaikan oleh Mendagri terkait larangan cuti bagi seluruh anggota Satpol PP, seminggu sebelum dan sesudah dilaksanakannya Pilkada serentak. Tidak hanya itu, Satpol PP juga diharapkan agar siap melaporkan setiap kemungkinan terjadinya kecurangan atau apapun yang mengganggu kelancaran Pilkada serentak di Kepulauan Riau, tanpa pilih kasih dan selalu bersikap netral.

"Meskipun harus netral, Satpol tetap memiliki hak pilih. Maka dari itu, jadilah pemilih yg cerdas. Memilihlah dengan hati nurani, bukan karena pengaruh kanan dan kiri," katanya.

Dikatakan, kewibawaan Satpol PP  bukan diukur dari atribut yang dipakai. Namun dari profesionalitas dan  kredibilitasnya yang tidak gampang terprovokasi dan tetap konsisten manjalankan tugas-tugasnya, menjaga aset negara serta mengawal jalannya Perda.

Menanggapi isu adanya anggota Satpol PP yang akan diberhentikan berdasarkan kontrak, Agung menegaskan bahwa tidak akan ada anggota Satpol PP yang diberhentikan. Terkecuali memang yang bersangkutan melanggar hukum dan tidak bisa ditolerir lagi.

"Saya akui isu ini mengganggu. Jadi sekali lagi saya tegaskna, tidak ada yg akan diberhentikan akibat dari kontrak. Tetaplah Bekerja dengan profesional, mandiri dan berintegritas tinggi, Mulai Tahun 2016, Jabatan Satpol-PP yang selama ini masuk dalam struktural, akan menjadi jabatan fungsional dan kita akan memiliki Markas Komando Satpol-PP kepri yang mengah," pungkasnya.

Menariknya, usai melaksanakan Apel, Agung Mulyana mendapat kejutan pada perayaan HUT Satpol PP ke-60 yang jatuh pada 7 Desember 2015 ini. Agung Mulyana tampak terharu bercampur gembira saat dirinya diangkat dan dielukan sebagai luapan kegembiraan di HUT Satpol PP ke-60 tersebut. 


Editor: Udin