Soal Pemeriksaan Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp66 Miliar

Ditanya Wartawan, Muslim Bidin dan Febrialin Mengelak
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 10-11-2015 | 08:45 WIB
Mr.Muslim_Bidin_dan_Staf-nya_Usai_diperiksa_Penyidik_Kajati_kepri.jpg
Kadisdik Kota Batam Muslim Bidin seusai diperiksa penyidik Kejati Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Dua pejabat Pemko Batam, Kepala Dinas Pendidikan Muslim Bidin dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Febrialin, yang diperiksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri terkait dugaan korupsi dana hibah dan bansos tahun 2011 sebesar Rp66 miliar, enggan berkomentar terkait pemeriksaan yang dijalani pada Senin (9/11/2015). 


Bahkan, ketika sejumlah wartawan melakukan door stop interview, keduanya langsung mengelak dan melengos pergi. Febrialin langsung menuju mobil Kijang BP 1990 WY. 

Ketika terus didesak dengan berondongan pertanyaan, Febrialin meminta wartawan untuk menanyakan langsung ke penyidik Kejaksaan Tinggi Kepri. "Belum, belum, saya belum tahu, tanya saja ke penyidiknya," elak Febrialin.

Jurus serupa juga dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin. Selain mengelak dan terkejut dengan keberadaan wartawan, Muslim Bidin juga langsung menutup muka dengan tangannya sambil berkata," Apa ini, apa ini?"   

Ditanya mengenai pemeriksaan dirinya, Muslim membantah kalau dirinya dipanggil dan diperiksa penyidik. "Saya tidak ada diperiksa, tidak dipanggil," ujar Muslim Bidin singkat sambil berlalu meninggalkan para wartawan.

Sementara penyidik Kejaksaan Tinggi Kepri, yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan Muslim Bidin dan Febrialin, masih enggan memberikan keterangan dan meminta agar wartawan menanyakan langsung pada Ketua Tim Koordinator Satgasus Kejati Kepri.

Ketua Tim Koordinator Satgasus Kejati Kepri, Selvi SH, yang dikonfirmasi terkait pemeriksaan sejumlah pejabat Pemko Batam, membenarkan pemanggilan Muslim Bidin, Febrialin dan Abdul Malik tersebut. Baca: Pejabat Pemko Batam sudah 3 Kali Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp66 Miliar

"Baru penyelidikan, meminta keterangan dan data saja. Selebihnya tanyakan ke Kasidik atau Aspidsuslah ya," ujarnya Selvi singkat. Baca: Pejabat Pemko Batam sudah 3 Kali Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp66 Miliar 

Editor: Dardani