Kejuaraan Pencak Silat HUT Penerbangan TNI AL ke-68 Diikuti 670 Atlet
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 09-08-2024 | 17:04 WIB
0908_hut-penerbangan-al_0319348348.jpg
Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat HUT Penerbang ke-68. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan atlet Pencak Silat berpartisipasi dalam Kejuaraan Pencak Silat TNI, Polri dan Umum yang diselenggarakan di Hanggar Lanudal Tanjungpinang, Jumat (9/8/2024) sore.

Acara ini menarik perhatian peserta dari berbagai perguruan silat seperti Pagar Nusa, PSHT, dan Tapak Suci, serta perguruan lainnya.

Kejuaraan ini berlangsung selama tiga hari, mulai 9-11 Agustus 2024, dalam rangka perayaan HUT Penerbangan Angkatan Laut ke-68 tahun. Sebanyak 670 atlet dari Bintan, Tanjungpinang, dan Batam turut ambil bagian dalam ajang bergengsi ini.

Kadispora Provinsi Kepri, Ikhsan, menyatakan bahwa kejuaraan ini mendapat sambutan hangat dari para peserta dan berdampak positif dalam pencarian bibit unggul di bidang pencak silat.

"Dari sekarang inilah anak-anak U-9 sampai U-15 kita persiapkan sebagai atlet untuk tingkat Popda, pra Popnas, dan Popnas," jelas Ikhsan.

Sementara Danlanudal Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Triwibowo, mengungkapkan bahwa jumlah peserta mencapai 670 orang yang terdiri dari TNI, Polri, dan masyarakat umum. "Dari Polri sendiri sebanyak 70 orang, selain itu dari TNI AL, AU, AD serta masyarakat umum," ungkap Kolonel Laut (P) Triwibowo.

Ia menambahkan, kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang uji latihan bagi para pesilat, tetapi juga mempererat silaturahmi antar pesilat. "Kejuaraan ini sebagai ajang uji latihan selama ini dan memiliki tujuan yang mereka capai sembari mereka belajar," tuturnya.

Triwibowo berharap acara ini dapat membina mental, fisik, dan emosi para atlet agar siap menghadapi kejuaraan-kejuaraan berikutnya sesuai dengan tingkatannya masing-masing.

"Saya berharap anak-anak ini, disamping membina mental, fisik, dan emosi, bisa juga menurunkan atlet dalam ajang berikutnya," pungkasnya.

Editor: Yudha