Hadiri Pelantikan DPD GAMKI Kepri, Ansar Ajak Jaga Keutuhan NKRI
Oleh : Redaksi
Senin | 05-08-2024 | 16:24 WIB
Ansar-GAMKI1.jpg
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri Pelantikan DPD GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia) Kepri Masa Bhakti 2024 - 2027 bertempat di Hotel CK, Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri Pelantikan DPD GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia) Kepri Masa Bhakti 2024-2027 bertempat di Hotel CK, Tanjungpinang, Sabtu (3/8/2024) malam.

Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia atau biasa disingkat GAMKI adalah organisasi kader pemuda Kristen yang bersifat independen, yang berakar di dalam Gereja, masyarakat, bangsa, dan negara, dan tidak berafiliasi pada salah satu kekuatan sosial politik manapun.

Gubernur Ansar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Riau memiliki penduduk yang heterogen dan merupakan "Miniaturnya Indonesia". Hal ini bukan tanpa alasan, karena Kepulauan Riau ini merupakan wilayah yang spesial, berada di perbatasan negara menjadi wajah Indonesia bagian Barat.

"Masyarakat yang majemuk dengan keberagaman suku, adat, budaya dari seluruh Indonesia dan memiliki berbagai latar belakang Agama, tidak lantas membuat Kepri semakin terpecah belah malah menjadi kekuatan yang menjadikan kepri semakin kuat dalam persatuan," ujarnya.

Hal ini ditandai dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2022 Kepri menempati peringkat pertama Nasional yaitu pada angka 85.78 poin, dan di Tahun 2023 Provinsi Kepri masih menempati Tiga teratas dengan posisi peringkat ke-2 Nasional setelah Provinsi NTT dengan angka 83,58 poin.

"Kemajemukan ini yang harus terus kita jaga dan rawat karena ini adalah anugerah Tuhan untuk menjadikan kita bangsa yang tangguh," jelasnya.

Kepada segenap insan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Gubernur Ansar juga mengajak baik secara individu maupun dalam lingkup organisasi untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Organisasi ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan di antara kita, sehingga Kepulauan Riau dapat terus maju dan sejahtera," ucapnya.

Gubernur Ansar percaya bahwa dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi, GAMKI KEPRI akan mampu membawa perubahan yang positif bagi masyarakat, mampu menjadi garda terdepan dalam memperkokoh jati diri bangsa.

"Saya yakin GAMKI Kepri dapat menjadi motor penggerak bagi masyarakat dalam pembangunan daerah di Kepulauan Riau," ungkapnya.

Kemudian kepada Ketua DPD GAMKI Kepri terpilih beserta pengurus yang akan dilantik, Gubernur Ansar atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan selamat dan berpesan agar amanah dan tugas yang diberikan, dapat jalankan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab.

"Semoga GAMKI dapat menjadi wadah yang menghimpun partisipasi pemuda didalam pembangunan bangsa sebagai pengamalan Pancasila untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, tangguh dan lestari serta membawa manfaat besar bagi masyarakat di Negeri Segantang Lada," tutupnya.

Turut hadir Tim Percepatan Pembangunan Suyono, Staf Ahli Gubernur Sardison, Onward Siahaan Anggota DPRD Kepri terpilih dari PSI, Ketua Umum DPP GAMKI Sahat MP. Sinurat, Ketua DPD GAMKI Kepri terpilih Iwan Pakhpahan, Pdt. Willy Chanda serta seluruh anggota dan civitas GAMKI Se-Provinsi Kepri.

Editor: Yudha