Kajati Kepri Gelar Bukber dan Bagikan 1.500 Kartu Identitas Anak
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 26-03-2024 | 08:04 WIB
26-03_kajati-bukber-2_02349348u835667.jpg
Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri Rudi Margono saat membagikan secara simbolis 1500 Kartu Identitas Anak. (Foto: Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kajati (Kepala Kejaksaan Tinggi) Kepri Dr. Rudi Margono, SH., MHum., didampingi Wakajati Kepri Rini Hartatie, SH., MH., para asisten, Kajari Tanjungpinang, Kajari Bintan, koordinator dan kepala seksi pada Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau buka puasa bersama (buker) dan membagikan Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 1.500 kartu yang diwakilkan kepada 10 orang anak, Senin (25/3/2024).

Kajati Kepri Rudi Margono mengatakan, kegiatan ini wujud dari upaya menyejahterakan masyarakat dan menciptakan keadilan sosial khususnya dalam memberikan kepastian legalitas kelahiran bagi anak-anak Indonesia.

"Tujuan kegiatan pada hari ini, secara ceremonial diselenggarakan mengingat bahwa secara sosial masih banyak anak yang berada pengampuan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) sebenarnya sudah dirawat dengan baik, tetapi dari segi hukum terhadap legalitas mereka harus kita dampingi dan wujudkan, sebab dokumen identitas sangat penting untuk masa depan anak-anak bangsa. Saya meyakini dengan niat yang tulus dan untuk ibadah, Kejaksaan semakin dicintai dan hadir dalam masyarakat," jelasnya.

"Semoga pemberian Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak-anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tanjungpinang, bukan semata-mata hanya kegiatan ceremonial saja, tetapi wujud nyata peran Negara hadir di tengah masyarakat dan dapat dijadikan budaya bangsa kita. Kami dari institusi Kejaksaan siap menerima pendampingan program pemerintah ini. Semoga apa yang kita lakukan diberi keberkahan oleh Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.

Diakhir kegiatan ditutup dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu dibawah naungan yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tanjungpinang dan buka bersama dengan seluruh pegawai Kejati Kepri beserta para undangan yang hadir.

Kasi Penkum Kejati Kepri Denny Anteng Prakoso menambahkan, bukber ini dihadiri oleh beberspa Stakeholder terkait. Di antaranya, Kadis Perhubungan Provinsi Kepri, Pj. Walikota Tanjungpinang, Kadis Kominfo Provinsi Kepri, Kepala Bappeda Prov. Kepri, Kepala KSOP Tanjungpinang dan Batam, Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Kepri, BPTD Kelas II Prov. Kepri, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjungpinang Kemenhub Dirjen Perhubungan Laut, Kepala KPLP Tanjung Uban, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tanjungpinang.

Editor: Dardani